Dorong Sertifikasi Wartawan, BI Bali Dukung UKW oleh PWI

Kepala Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali Trisno Nugroho saat membuka acara Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bekerjasama dengan PWI Bali - IST

DENPASAR – Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali mendukung Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali. Kegiatan itu untuk mendorong agar lebih banyak lagi wartawan yang tersertifikasi.

“Acara ini juga penting bagi Bank Indonesia untuk mendorong wartawan memperoleh Sertifikasi Kompetensi Wartawan melalui UKW,” kata Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho saat memberikan sambutannya di Griya Santrian, Rabu (14/10)

Trisno Nugroho juga menjelaskan, UKW dirangkaikan dengan pelatihan untuk membangun penyampaian informasi yang bersumber dari Bank Sentral kepada publik. Kebijakan-kebijakan bank sentral yang menitikberatkan pada upaya stabilitas ekonomi, seringkali belum dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat.

“Pengelolaan komunikasi kebijakan kepada stakeholder dan masyarakat sangat diperlukan dalam mendukung pencapaian visi Bank Indonesia tersebut,” kata Trisno Nugroho.

Ditambahkan, Bank Indonesia sebagai bank sentral, tidak hanya bertugas menjaga stabilitas moneter, sistem keuangan dan sistem pembayaran. Namun juga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui kebijakan dan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Selain itu, BI juga menjadi mitra strategis pemerintah yang berperan sebagai advisor Pemerintah Daerah. Pelatihan itu juga memberikan pemahaman komprehensif kepada wartawan melalui berbagai kegiatan.

Sementara itu, Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra menyampaikan, kerja sama antara PWI dan Bank Indonesia bisa terus dijalin. Apalagi, lanjut dia, sebelumnya BI juga telah memberikan bantuan paket sembako sebanyak 200 paket yang dilanjutkan dengan Uji Kompetensi Wartawan yang diikuti 11 wartawan yang kesehariannya kerap meliput di Bank Indonesia.

“UKW Angkatan VI ini agak istimewa karena langsung diuji oleh Direktur UKW PWI Pusat,” sebut Dwikora. (Kanalbali/ACH)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.