Woit ! Harus Dicoba Nih, Jalur Bus Umum Paling Baru di Bali

Gubernur Bali Wayan Koster saat menjajal trayek Trans Metro Dewata - IST

PANDEMI COVID-19 bikin lesu ekonomi. Tapi jaringan bus umum Trans Metro Dewata justru diluncurkan pada Senin (7/9). Tujuannya, untuk menggairahkan kembali layanan angkutan umum di Bali.

“Ini perlu disosialisasikan agar masyarakat mengetahui keberadaan moda transportasi ini, sekaligus menarik minat mereka agar memanfaatkannya dalam kepentingan transportasi sehari-hari,” kata Gubernur Bali, Wayan Koster.

“Kalau di daerah lain seperti di Jakarta orangnya yang ngejar bus, kalau di Bali busnya yang ngejar orang. Ini  tanpa dipungut biaya alias gratis sampai bulan Desember, ” tutur Gubernur Koster.

Moda ini pun menurutnya dirancang dengan berbagai fitur menarik salah satunya berbasi teknologi dengan jargon aplikasi ‘Teman Bis’ Transportasi Ekonomis Aman dan Nyaman. Di mana penggunanya bisa mendapatkan manfaat di antaranya mengetahui keberadaan bus, pemesanan maupun transaksi non tunai.  “Untuk provinsi Bali berjumlah 105 unit, kalau di antara lima kota yang ada di Indonesia di Bali paling banyak,” sebutnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I. G. W Samsi Gunarta bahwa moda transportasi Trans Metro Dewata dioperasikan pada 4 trayek yakni Terminal Pesiapan Tabanan menuju Central Parkir Kuta, Bandara Ngurah – Rai GOR Ngurah Rai Denpasar, berikutnya Pantai Matahari Terbit – Dalung Permai, serta Ubud sampai Terminal Ubung. (kanalbali/RLS )