35 Desa Adat di Bali Bakal Dapat Pinjaman Kendaraan Listrik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kiri) di sela kegiatan Dukungan Ekosistem Kendaraan Listrik Provinsi Bali Menuju G20 yang berlangsung di Bali, Minggu (23/1/2022). Foto: Kemenhub RI

DENPASAR, kanalbali.id – Komunitas kolaboratif #KemBALIBecik didukung Dinas Perhubungan  Provinsi Bali dan mitra-mitra dari berbagai sektor menyerahkan kendaraan listrik (EV-Electric Vehicle) kepada Majelis Desa Adat Kota Denpasar.


Penyerahan kendaraan listrik secara simbolis akan dilaksanakan Jumat, (25/2/2022) di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Bali untuk kemudian dipinjamkan  kepada 35 desa adat di Kota Denpasar.

Penyerahan Kendaraan listrik ini dilakukan menjelang Hari Raya Nyepi, 3 Maret 2022 mendatang. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menunjukkan manfaat kendaraan listrik dan relevansi yang positif dengan nilai adat dan budaya yang ada di Bali.

Kendaraan listrik memiliki keunggulan seperti rendah karbon dan tanpa suara. Jika dipadukan dengan sumber energi terbarukan, bentuk transportasi ini bisa memberikan dampak positif pada lingkungan.

Komunitas kolaboratif #KemBALIBecik menyatakan, penggunaan kendaraan listrik yang diciptakan ramah lingkungan ini sangat relevan dengan masyarakat Bali yang memahami pentingnya menjaga hubungan baik dengan alam.

Selain itu, ini juga merupakan upaya untuk mendorong ekonomi hijau, di mana pertumbuhan ekonomi diharapkan berimbang dengan pelestarian lingkungan.

Kendaraan listrik yang dipinjamkan untuk desa adat di Kota Denpasar disediakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Bali, PLN UID Bali, Komunitas Electric Wheel, Viaje, Gesits, United Motor, dan Goda.

#KemBALIBecik adalah sebuah kolaborasi dari beberapa lembaga masyarakat sipil, swasta, dan pemerintahan di Bali yang bertujuan untuk mendorong pemulihan pasca COVID-19 yang berorientasi pada ekonomi hijau, termasuk di dalamnya akselerasi transportasi rendah karbon, energi terbarukan, dan pariwisata berkelanjutan. (kanalbali/RLS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.