AMSI Bali Diminta Tingkatkan Kualitas Konten Media Lokal

Ketua AMSI IPusat, Wenseslaus Manggut - IST

DENPASAR – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Daerah Bali menggelar Rapat Kerja (Raker) pengurus periode 2021-2024. Bertempat di Agro Learning Center, Kota Denpasar, pada Minggu (27/6/2021) pagi, Dalam kesempatan itu, Ketua Umum AMSI Pusat, Wenseslaus Manggut meminta perhatian agar anggota AMSI di Bali lebih mengedepankan konten lokal dalam pemberitaannya.

“Kalau konten nasional, sudah pasti akan kalah dengan media besar berskala nasional. Tapi kalau konten lokal, peluangnya terbuka lebar,” katanya. Konten lokasl sekaligus akan menggerakan dinamika lokal, termasuk pergerakan ekonomi yang kini sangat terdampak oleh pandemi. Secara nasional, kata dia, AMSI berkepentingan untuk menjaga media yang kecil-kecil termasuk media-media yang ada di daerah.

Dalam skema bisnis dimana AMSI menjadi pelopor dalam hubungan dengan agregator seperti google dan facebook,  AMSI berusaha agar media juga dapat memperoleh penghasilan dari mereka. “Sekarang AMSI diminta untuk menyiapka proposalnya guna dibawa oleh Dewan Pers sebagai draft usulan UU,” katanya. Terkait dengan ini, dia meminta agar anggota AMSI menyiapkan prasayarat dasar kelembagan media seperti pendaftaran di Dewan Pers dan badan hukumnya.

Diakhir sambutannya, Ketua Umum AMSI Pusat menyempatkan diri untuk melantik para pengurus AMSI Daerah Bali periode 2021-2023, diantaranya, sebagai Ketua, I Nengah Muliarta, Sekretaris, I Putu Suyatra, Bendahara, I Gede Adi Setiawan, serta para pengurus AMSI Bali di bidang-bidang lainnya.

Sementara itu, Ketua AMSI Bali, I Nengah Muliarta mengatakan, bahwa Raker yang dilaksanakan merupakan pertama kali dilaksanakan oleh AMSI Bali. Namun, di Raker yang pertama kali dilaksanakan ini, diharapkan mampu menghasilkan benahan organisasi Internal AMSI Bali yang memiliki tujuan yang lebih kuat, dengan agenda program yang lebih berkualitas dalam menghasilkan produk-produk jurnalistik dengan kearifan lokal daerah Bali, serta sesuai dengan kode etik dan tata kelola Media Siber yang lebih baik di Bali.(KANALBALI/rls)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.