Bupati Suwirta Langsung Marahi Pedagang Tak Disiplin di Pasar Galiran

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta tampak geram menyaksikan puluhan usaha pengolahan atau pembersihan bawang di areal pertokoan di barat pasar Umum Galiran Klungkung berserakan dan tampak kumuh, saat melakukan inspeksi mendadak, Jumat (19/6) dikawasan ini.

“Ini sebenarnya sudah berkali-kali diperingatkan, untuk urus ijin, jaga kebersihan, pakai masker tapi tetepp saja melanggar, yaa ini harus ditindak tegas,” katanya. Bahkan bupati bersama timnya sempat berkeliling karena banyak laporan masyarakat terkait kumuhnya daerah tersebut dengan sampah bawang dan sampah plastik yang dibuang sembarangan dan bahkan sampahnya juga kadang dibakar yang menimbulkan bau menyengat.

Bupati Suwitra berharap kepada seluruh para pedagang bawang tersebut agar bersama-sama bisa menjaga baik kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. “Tolong jaga kebersihan lingkungan ini dengan baik, apapun aturan dari pemerintah harus dipatuhi demi menjaga kota klungkung ini kedepan tetap terjaga kebersihannya,” harap Bupati Suwitra.

Lebih lanjut, tidak hanya tentang kebersihan lingkungan saja yang diperhatikan. Bupati Suwitra juga menghimbau kepada para sopir pengangkut bawang agar bisa selalu menjaga ketertibannya pada saat menurukan bawang. Langkah ini dilakukan agar tidak terjadi macet. “Kami akan penggil mereka semua agar segera mengurus izin dan mengelola sampah
secara mandiri dengan baik,” tegas Bupati Suwitra.

Semua pengusaha pedagang bawang ini akan kembali dikumpulkan dan diultimatum untuk segera membuat ijin dikecamatan dan diberikan batas waktu satu minggu jika tidak usaha mereka langsung ditutup. “Ijin nnanti tidak saja usahanya, tapi pengolahan sampahnya juga,” tandasnya. ( kanalbali/KR7 )