DENPASAR, kanalbali.id – Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Warmadewa (Unwar) turut serta dalam peningkatan efektivitas kinerja karyawan dalam menangani kredit bermasalah.
Langkah tersebut diimplementasikan melalui kegiatan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan mitra yaitu Koperasi Simpan Pinjam Bersinar Pesanggaran, Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Selasa (25/6/2024)
Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Karyawan Koperasi Simpan Pinjam Bersinar Pesanggaran, Anggota kegiatan PKM serta Mahasiswa Unwar. Dalam kegiatan ini tampil sebagai Narasumber yaitu Prof. Dr. I Made Sara, S.E., M.P.; Dr. I Wayan Kartika Jaya Utama, S.H., M.Kn.; Dr. A. A. Media Martadiani, SE., MM dan Ni Putu Riasning, S.E, M.MA,ak
BACA JUGA: PKM Unwar Berikan Pembinaan pada Koperasi Simpan Pinjam Bersinar Pesanggaran
I Made Sara mengungkapkan, permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu kurangnya pemahaman karyawan dalam memahami dan mengantisipasi, serata mengklasifikasikan kredit sesuai dengan kategori kualitas pinjaman yang berpotensi bermasalah.
Demikian juga mitra belum mampu secara maksimal dalam melakukan penanganan terhadap kredit-kredit yang bermasalah berpotensi merugikan KSP.
Solusi yang ditawarkan guna mengatasi permasalah ini adalah membantu mitra memberikan pemahaman kepada karyawan dalam mengantisipasi melalui analisis kelyakan kredit, melakukan edukasi dan pendampingan pada anggota, sistem monitoring dan penagihan, serta mengantisipasi foktor eksternal yang dapat menyebabkan kredit bermasalah.
Meningkatkan kemampuan mengklasifikasikan kredit sesuai dengan kategori kualitas pinjaman serta juga membantu mitra untuk memberikan pemahaman kepada karyawan bagaimana cara menangani kredit-kredit yang bermasalah.
Karyawan Koperasi Simpan Pinjam Bersinar Pesanggaran sangat mengapresiasi serta mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan kegiatan PKM ini yang diselenggarakan oleh DPPM Unwar.
Melalui kegiatan ini, pihaknya merasa banyak mendapatkan tambahan pengetahuan ilmu guna mengantisipasi, menghadapi dan menangani permasalahan kredit bermasalah yang dihadapi.
Pihaknya berharap pendampingan dari kegiatan ini dapat terus berlanjut. Dengan begitu dalam pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam Bersinar Pesanggaran dapat terus berkembang dalam persaingan, meningkatkan strategi pengetahuan dan pemahaman karyawan pada pengelolaan kredit, sehingga koperasi terhindar dari kemungkinan terburuk yang dapat terjadi kedepannya. (kanalbali/ADV)
Be the first to comment