Ini Tips Agar Lebih Bijak Pakai Dompet Digital

pixabay by Alexas_Fotos

Perkembangan teknologi membawa perubahan pada sistem pembayaran. Salah satunya ialah dengan makin banyak munculnya aplikasi dompet digital yang ada.

Kemunculan dompet digital ini di satu sisi akan memudahkan dalam aktivitas, terutama saat belanja. Tapi, dalam penggunaannya juga mesti bijak, agar terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Harapannya dengan literasi digital bisa menggunakan dompet digital dengan cerdas dan bijak agar bisa terhindari dari kejahatan,” ujar Ketua Bidang Koperasi dan UKMK HAPI, Dedi Gunawan,  dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital, Wilayah Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Dedi menyebutkan, bahwa paling tidak ada 10 kompetensi dasar yang dimiiki ketika menggunakan dompet digital. Adapun kompetensi itu beberapa di antaranya ialah, dalam hal mengakses, menyeleksi, memahami, partisipasi, dan juga kolaborasi.

Selain itu, Dedi juga menyampaikan bahwa menggunakan dompet digital juga perlu strategi. Ia menyampaikan bahwa strategi pertama ialah dalam hal memutuskan dan memilih dompet digial.

“Setiap memutuskan untuk memilih layanan dompet elektronik, biasakan untuk melihat legalitasnya,” kata Dedi dalam webinar tersebut.

Selanjutnya, menurut Dedi yang juga penting adalah memiliki rencana keuangan. Dengan begitu, akan lebih teratur dalam menggunakan dompet digital.

“Maka alokasikan secara efektif seusai kasnya masing masing, dengan rencana keuangan pengeluaran seusai dengan rencana yang kita buat, dan akan jadi evaluasi bagi kita setiap bulannya,” kata dia.

Kemudian, kata Dedi, yang juga perlu diperhatikan ialah menjaga gaya hidup. Ia menyarankan untuk bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan dalam menggunakan dompet digital.

pixabay by 15675001

Sehingga, nantinya penggunaan atau transaksi yang dilakukan di dompet digital tidak membengkak. Terlebih beberapa aplikasi dompet digital menawarkan sistem pay later.

Dalam kesempatan yang sama, CEO PT Dengan Senang Hati, Muhammad Firdaus Gonia juga menyampaikan berbagai hal terkait dengan investasi emas online. Ia menyampaikan tentang keunggulan dari investasi emas dibandingkan yang lainnya.

Lebih lanjut, Firdaus juga mengatakan, bahwa investasi emas online juga relatif lebih mudah, aman, gratis biaya administrasi, dan tidak pusing dalam penyimpanan emas.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Siberkreasi merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia.

Dalam webinar kali hadir juga, Sekretaris Program Studi dan Pengajaran Agama Katolik  Sekolah Tinggi Pastoral Santo Petrus Keuskupan Atambua, Marianus Sesfao, dan Key Opinion Leader Ainun Aullah.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital. (kanalbali/rls)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.