Hore! Hari Pencoblosan 9 Desember 2020 Jadi Libur Nasional

Simulasi pencoblosan dengan menerapkan protokol kesehatan - IST
DENPASAR РKetua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Lidartawan menyebut, penetapan 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional akan berpengaruh pada tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada serentak tahun 2020.
“Kami menyembut baik keputusan yang dikeluarkan oleh Presiden, dan menurut kami itu wajar karena memang di UU harus begitu (diliburkan),” kata Lidartawan saat dihubungi Kanalbali, Minggu (29/11/2020).
Menurut Lidartawan, dengan adanya keputusan yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo itu, target partisipasi pemilih sebesar 85% di Pilkada 6 Kabupaten atau Kota se Bali itu akan lebih mudah tercapai.
Pihaknya kini, terus mendorong seluruh KPU di masing-masing 6 Kabupaten atau Kota itu untuk terus melakukan sosialisasi Pilkada. “Khususnya mengenai penerapan protokol kesehatan di TPS,” ujarnya.
Hari Pencoblosan Libur Nasional, KPU Bali Optimis Partisipasi Pemilih Meningkat (1)
Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Lidartawan – IST
Ia juga tak menampik hingga hari ini, sejumlah masyarakat di daerah yang akan melangsungkan Pilkada masih ada yang ragu ke TPS karena takut tertular COVID-19. Menyiasati itu, pihaknya tak hanya akan bertumpu pada KPU di masing-masing Kabupaten atau kota, melainkan juga akan menggandeng Desa Adat, dan Parisada Hindu Dharma (PHDI) Provinsi Bali.
“Jadi sosialisanya nanti melibatkan semua golongan atau kelompok, para penyelenggara adhoc seperti KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara), di tingkat Banjar, sampai dengan panitia pemilihan kecamatan (PPK) semua akan dilibatkan dalam sisa waktu ini, dengan begitu kami optimistis lah target kita melampaui target KPU RI yang targetnya 77,5 %,” ujar Lidartawan.
Mengenai persiapan-persiapan panitia penyelenggara di masing-masing Kabupaten dan Kota se Bali yang akan menggelar Pilkada, ia mengaku semuanya sudah berjalan maksimal. “Mulai besok ini kita akan pantau setiap hari semuanya, termasuk logistik, e-Rekap dan lainnya, tapi sementara laporan yang kami terima sudah berjalan baik,” tuturnya. (Kanalbali/ACH)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.