KPID Ungkap Alasan Utama Analog Switch Off di Bali Tertunda 

Ini karena STB gratis masih terus dibagikan. #kanalbali

Ilustrasi Siaran TV Digital/Foto: Kementerian Kominfo

DENPASAR, kanalbali.id – Pelaksanaan Migrasi siaran TV analog ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO) di Bali seharusnya masuk tahap pertama pada 30 April 2022. Namun ditunda karena adanya sejumlah pertimbangan, terutama terkait pembagian Set Top Box (STB) gratis kepada Rumah Tangga Miskin (RTM).

“Iya seharusnya tahap pertama sudah terlaksana ASO di Bali. Tapi tahap kedua juga belum siap, jadi otomatis masuk tahap terakhir. Ini karena STB gratis masih terus dibagikan,” kata Koordinator Divisi Kelembagaan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Bali Nyoman Adi Sukerno saat dihubungi, Rabu, (22/6/2022).

Menurutnya, ada beberapa hal yang menjadi kendala dalam pembagian STB gratis di Pulau Dewata. Diantaranya, RTM yang mendapat STB gratis sudah pindah domisili, sehingga tidak lagi berada di lokasi tempat tinggal yang sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

“Kalau kasusnya seperti itu, jadi harus membuat berita acara, karena tidak boleh dilimpahkan ke orang lain untuk menerima,” imbuhnya.

Kendala lainya, ditemukan bahwa kondisi di lapangan ada yang masuk sebagai RTM di DTKS, hanya saja sudah memiliki TV digital. Tetapi ada juga yang perangkat TV analognya sudah tidak bisa lagi terkoneksi dengan perangkat siaran TV digital.

“Kendala-kendala ini memang biasa ditemukan di lapangan. Tapi penyaluran STB hingga kini di Bali masih terus berlangsung, baik oleh PT Pos Indonesia, maupun dari penyelenggara multiplexing,” sebutnya.

BACA JUGA: Dinas Kominfo Denpasar Imbau Masyarakat Beli Set Top Box Bersertifikat

Adapun STB diperlukan dalam program ASO, yakni untuk dapat mengubah sinyal hasil tangkapan antena televisi menjadi bentuk suara dan gambar. Sehingga dengan alat STB tersebut, TV analog bisa menjadi TV digital yang bisa menyajikan hiburan dan tayangan.

Analis Kebijakan Ahli Madya, Direktorat Penyiaran, Ditjen Penyelenggaraan Pos & Informatika,
Kementerian Kominfo, Silfianingrum menyampaikan untuk wilayah Bali tersedia 76 ribu STB gratis yang disediakan para pemenang MUX Media. Yaitu ANTV, METRO TV, Nirwana TV, dan TVRI.

“Dengan ASO ini, diproyeksikan semua masyarakat bisa memperoleh layanan internet cepat seperti yang diharapkan secara lebih merata,” tuturnya dikutip pada laman siarandigital.kominfo.go.id.

Bambang Isdiyanto, mewakili salah satu pemenang MUX MEDIA di Bali menyampaikan kesiapan Metro TV Group pada transisi analog ke digital. Dalam paparannya disampaikan hasil testing Metro TV di wilayah Bali juga rencana yang akan dilakukan saat ASO mendatang.

Peralihan atau migrasi ke siaran tv digital ini merupakan amanat Undang-Undang Cipta Kerja Pasal 60A. Presiden Joko Widodo telah mencanangkan percepatan transformasi digital Indonesia. Hal ini termasuk tata kelola penyiaran agar frekuensi yang ada bisa efisien dan efektif dimanfaatkan, termasuk untuk broadband. (Kanalbali/LSU)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.