Tingkatkan Disiplin Warga, Kelurahan Penatih Rutin Sidak Protokol Kesehatan

Sidak protokol kesehatan yang dialkukan oleh tim gabungan di Keluharan Penatih Denpasar. IST

DENPASAR – Meski angka kasus positif COVID-19 di Keluharan Penatih, Denpasar, cenderung melandai, sidak protokol kesehatan masih terus dilakukan. Sidak itu untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang belum disiplin.

“Kalau sidak protokol kesehatan masih rutin kita lakukan, walaupun tidak kamu lakukan setiap hari, minimal ada lah sekali dalm seminggu itu kita lakukan,” kata Lurah Penatih, I Wayan Astawa saat dikonfirmasi, Senin (17/11/2020).

Menurut Astawa, sidak protokol kesehatan itu tak hanya dilakukan oleh Kelurahan Penatih, tapi juga melibatkan beberapa unsur, yakni TNI-Polri, Satgas Kecamatan, Linmas, dan desa adat serta pecalang setempat.

“Karena selain sidak Prokes, kegiatan itu kan juga sebagai sarana sosialisasi dan penegakan Peraturan Gubernur (Pergub) No 46 Tahun 2020 dan Peraturan Walikota (Perwali) No 48 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru,” terangnya.

Dua tempat yang menjadi lokasi utama dalam sidak itu, lanjut Astawa, adalah Pasar Panatih dan Pertigaan Kantor Lurah Penatih. Dengan begitu, masyarakat diharapkan bisa meningkatkan kesadaran betapa pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Dari sidak-sidak yang sudah kami jalani, sejauh ini kasadaran masyarakat sudah sangat tinggi, semoga saja mereka bisa mempertahankan kesadaran itu, kami juga tak akan berhenti melakukan sidak,” jelasnya.

Lebih daripada itu, Astawa mengaku proses penyemprotan disinfektan ke masing-masing rumah warga juga terus dilakukan. Bahkan, penyemprotan disinfektan itu, kata Astawa, diikuti dari peran serta masyarakat untuk mencegah COVID-19 di kelurahan Penatih.

“Jadi masyarakat disini itu tergerak bersama-sama untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, mulai dari penerapan protokol kesehatan, hingga proses menjaga lingkungan itu mereka turut serta, makanya kami apresiasi sekali,” terangnya.

Disinggung menegani banyaknya toko atau minimarket yang menjamur di Keluharan Penatih, Astawa menegaskan pihaknya tentu tak melupakan itu. Selain sidak, pemasangan stiker berupa pentingnya penerapan protokol kesehatan juga dilakukan di masing-masing toko. Walhasil, lanjut dia, pengunjung yang hendak berbelanja ke toko itu akan bisa menyaksikan Imbauan protokol kesehatan melalui stiker. (Kanalbali/ACH)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.