Universitas Udayana Rintis Kerjasama Double Degree dengan Tongmyung University Busan

Pertemuan Universitas Udayana dengan Tongmyung University Busan, Korea Selatan via daring -IST.

DENPASAR – Senin (6/12/2021) Koordinator Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Udayana melaksanakan pertemuan dengan Tongmyung University Busan, Korea Selatan.

Koordinator KUI melaksanakan pertemuan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dengan International Office of Tongmyung University (TU) Busan Korea Selatan dalam rangka inisiasi kerjasama, Senin (6/12/2021).

Prof. Dr. Je, Dae-Sik, M.Pd dari Tongmyung University menyampaikan pihaknya ingin menjalin kerjasama dengan Universitas Udayana. Bentuk kerjasama antara lain program Double Degree baik S1 maupun S2, pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, dan penelitian bersama. Prodi yang ditawarkan ialah bidang ekonomi, teknik, pariwisata dan perhotelan pada kedua universitas.

Sementara program Double Degree untuk S1 yang ditawarkan ialah Prodi Manajemen dan Akuntansi Unud dengan Jurusan “Global Business Convergence” TU, Prodi Teknologi Informasi Unud dengan School of “Artificial Intelligence” TU, Prodi Teknik Elektro dan Prodi Teknik Mesin Unud dengan Jurusan “Mechatronics Engineering” TU.

Sedangkan Prodi yang ditawarkan untuk Double Degree S2 ialah Prodi Manajemen dan Prodi Pariwisata. Mahasiswa S2 dari Unud akan menempuh 18 SKS (6 mata kuliah) dalam satu tahun di TU. Pada tahun pertama di Unud dan pada tahun kedua di TU.

Dalam pertemuan ini pihak TU juga menyampaikan prosedur pembuatan MoU di TU yakni diawali pertemuan zoom meeting antar Dekan yang terkait kedua universitas untuk diskusi bentuk dan isi kerjasama, serta penyampaian laporan kepada Pimpinan Universitas hasil pertemuan yang dilakukan.

Kemudian jika kedua universitas sepakat dijadikan sister university, maka dibuat draft MoU sesuai kesepakatan dan jika sudah disetujui kedua belah pihak, selanjutnya diadakan ceremony penandatanganan MoU oleh kedua Pimpinan Universitas secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Pengiriman MoU akan dilakukan melalui pos udara.

Dr. Eng. Ni Nyoman Pujianiki selaku Koordinator KUI mengapresiasi tawaran dari pihak TU dan akan segera menyampaikan hasil zoom meeting ini kepada Rektor dan Dekan terkait untuk dapat segera ditindak lanjuti.

Di hari yang sama, Koordinator KUI Unud menerima kunjungan kerja dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Delegasi IPB yang diketuai oleh Dr.-Ing. Dase Hunaefi, STP., MFoodST ini diterima langsung oleh Koordinator KUI Dr.Eng. Ni Nyoman Pujianiki, ST.,MT.,M.Eng, Kasubbag Kerjasama Luar Negeri beserta Tim KUI di Kantor KUI Denpasar.

Dalam kunjungan ini Delegasi IPB berharap dapat belajar dari Unud tentang pelayanan perizinan mahasiswa asing dan IPB juga berencana untuk menginisiasi summer course program dengan Unud. (kanalbali/IST)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.