Yuk Siap-siap Sambut Program Kartu Prakerja Gelombang 17

Anggota DPR RI Kariyasa Adnyana minta Bali mendapat prioritas untuk Kepesertaan program ini. #kanalbali

Anggota DPR RI Kariyasa Adnyana saat memberi sambutan pada sosialisasi kartu Prakerja - IST
DENPASAR – Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, gelombang 17 Program Kartu Prakerja akan segera dibuka.
“Alokasi dana untuk peserta yang akan diikutkan dalam program 17 nanti adalah dana dari mereka yang berasal dari gelombang 12 hingga 16 gelombang yang tak membelanjakan dana pelatihannya,” kata Puspa saat sosialisasi dan peninjauan pendaftaran Gelombang 16 Kartu Prakerja, di Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (28/3/2021).
Puspa menuturkan, berdasarkan peraturan Menko Perekonomian No. 11 tahun 2020, batas waktu membeli program pelatihan hanya berlaku selama 30 hari setelah penetapan. Jika dana pembelian program tidak digunakan dan melewati batas waktu yang ditentukan maka konsekuensinya status kepesertaannya dicabut.
Lanjutkan Program Kartu Prakerja, Gelombang 17 Segera Diluncurkan (1)
Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari – ACH
“Jadi misalnya, kalau teman teman mendaftar ya segera dimanfaatkan bantuan itu. Sesuai dengan peraturan Menko Perekonomian No. 11 tahun 2020, kalau sudah satu bulan teman tman sudah di SK an dan sudah dapat SMS, tapi tidak menggunakan, maka sesuai dengan peremenko kita tarik dan kita realokasikan untuk peserta yang lain,” kata dia. “Jadi gelombang 17 potensial akan dibuka tapi setelah gelombang 12-16 itu yang tidak memanfaatkan tadi, selesai atau dicabut kepersertaannya,” lanjutnya.

Kariyasa Minta Bali Jadi Prioritas

Sebanyak 33 orang peserta Kartu Prakerja di undang dalam Sosialisasi Pendaftaran Kartu Prakerja 2021 yang bertempat di Hibiscus Room, The Westin Resort, Nusa Dua, Bali. (28/03/2021). Kegiatan yang menghadirkan alumni Kartu Prakerja asal Bali yang berhasil menciptakan peluang kerja baru dihadirkan sebagai sebuah motivasi kepada calon penerima Kartu Prakerja Gelombang-16.
Sosialisasi yang diadakan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian yang bekerja sama dengan BNI serta menghadirkan Komisi IX, DPR RI sebagai sebagai mitra yang bertugas sebagai lembaga pengawasan. Dalam kesempatan tersebut, satu – satunya Anggota Komisi IX, DPR RI asal Bali yang membidangi ketenagakerjaan I Ketut Kariyasa Adnyana mengatakan, bahwa Bali harus mendapat prioritas dalam sosialisasi Kartu Prakerja.
“Dengan pertumbuhan minus paling parah se-Indonesia dan banyak pekerja pariwisata yang dirumahkan saya minta Bali harus menjadi prioritas sosialisasi Kartu Prakerja dan syukurnya sosialisasi (Kartu Prakerja) ini diadakan di Bali”, ujarnya.
Sosialisasi Kartu Prakerja, Kariyasa: Bali Harus Jadi Prioritas (1)
Anggota Komisi IX, DPR RI asal Bali Kariyasa Adnyana (ujung kiri) saat Sosialisasi Pendaftaran Kartu Prakerja 2021 The Westin Resort, Nusa Dua, Bali – IST
Kariyasa Adnyana juga menyampaikan bahwa, Bali yang merupakan salah satu tulang punggung perekonomian nasional, karena sebagian besar devisa dihasilkan dari kegiatan Pariwsata di Bali harus mendapat perhatian prioritas.
“Ini untuk kepentingan nasional juga, apabila Bali pulih dari keterpurukan akibat Pandemi, secara otomatis Indonesia di mata dunia akan pulih, sehingga harus menjadi prioritas”, tutupnya disela – sela ramah tamah dengan para pimpinam Komisi IX, DPR RI.
Turut hadir juga Ketua Komisi IX, Ibu Estelita Runtuwene; Wakil Ketua Komisi IX, Charles Honoris; Deputi IB Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin; Kemenparekraf, Kepala Pusat Pengembangan SDM, Anggara Anujurana; Direktur Politeknik Pariwisata Bali, Ida Bagus Putu Puja; Kadis Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali, Bagus Ngurah Ada. (kanalbali/IST)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.