Pakar Berbagi Kunci Sukses Jualan Online di Masa Pandemi, Apa Itu?

pixabay by kreatikar

PANDEMI Covid-19 memaksa orang untuk diam di dalam rumah dan membatasi kegiatan. Bagi sebagian pelaku usaha, penurunan keuntungan tidak bisa dihindari.

Meski begitu, Shella Nadia owner dan CEO Artifashion mengatakan pelaku usaha terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tidak perlu risau. Usahakan tetap berjualan meskipun sedikit, karena pandemi tidak akan berlangsung selamanya.

“Kunci usaha untuk bisa sukses di masa pandemi adalah selalu konsisten. Nggak laku sementara tidak apa-apa, yang penting jangan berhenti,” tutur Shella dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Dogiyai, Papua, Selasa (20/10/2021).

Ia menyebut konsistensi merupakan tantangan utama dalam berjualan. Sebab, tidak sedikit pelaku usaha yang berhenti berjualan karena tidak laku.

“Nggak laku malah dianggap berjualan bukan passionnya. Padahal harusnya jadi cambuk untuk terus memperkaya ilmu. Saya pun sampai sekarang masih terus belajar, ikut webinar tentang cara berjualan,” tuturnya lagi.

Lalu, bagaimana cara menjaga konsisten berjualan? Menurut Shella, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat wishlist alias daftar keinginan.

Wishlist bisa berisi barang yang ingin dibeli, pencapaian yang ingin diraih, ataupun kegiatan yang ingin dilakukan.
“Wishlist punya ini di tahun ini, pergi ke sini, pokoknya kita harus memperbesar mimpi untuk terus berkarya. Dibilang ambisius nggak apa-apa. Kalau nggak ambisius kan kita nggak bisa mendapatkan apa yang kita inginkan,” terangnya lagi.
Khusus untuk Andap pelaku usaha UMKM yang mengalami penurunan keuntungan, Shella pun memberikan 4 tips yang bisa dicoba untuk meningkatkan penjualan. Apa saja?

1. Membuat konten yang menarik
Membuat konten yang menarik merupakan cara sosialisasi produk terbaik. Konten yang dibuat bisa diunggah di media sosial untuk memperkaya interaksi dengan followers.

Investasi Emas Online: Sedikit-Sedikit Lama-Lama Jadi Bukit

2. Self branding
Penting bagi pemilik usaha untuk melakukan self branding. Caranya bisa dengan menjadi pembicara di webinar, mengadakan penggalangan dana, atau memberikan tips dan informasi bermanfaat di media sosial.

3. Marketing online

Marketing online kini semakin mudah dilakukan di media sosial. Cukup dengan membayar sekian rupiah, iklan produk Anda bisa muncul di halaman media sosial yang dipilih seperti TikTok, Facebook, Instagram, dan lain-lain.

4. After sales yang baik
Memberikan aftersales atau cashback pada orang yang merekomendasikan dagangan kita menjadi cara beriklan lewat kenalan, kerabat, dan keluarga yang baik.
Hadir juga dalam webinar kali ini Forita Djadi (Pemilik Deva Wedding dan Event), Jhonatan Cheroal Manobi (Kepala Stasiun Transmisi Trans7 Jayapura), dan Putri Langi (key opinion leader).

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital. (kanalbali/RLS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.