39 Calon Wisudawan Mengikuti Yudisium Fakultas Ilmu Budaya

Yudisium Fakultas Ilmu Budaya UNUD yang diadakan secara daring -rls.

DENPASAR – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) menggelar acara pelepasan calon wisudawan (yudisium) pada hari Kamis, 9 Desember 2021. Sejak pandemi Covid 19, ini adalah yudisium kesepuluh yang diselenggarakan secara daring dan disiarkan pada kanal Youtube FIB Unud.

39 calon wisudawan yang dilepas oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. berasal dari Program Doktor sejumlah 2 orang, Program Magister sejumlah 4 orang, serta Program Sarjana (S1) sejumlah 33 orang.

Pada yudisium kali ini rata-rata IPK pada jenjang S1 adalah 3,66. Pada jenjang Program Magister, rata-rata IPK adalah 3,70. Kemudian pada jenjang Doktor, IPK rata-rata yang diraih adalah 3,89.

Hingga periode ke-145, jumlah alumni Fakultas Ilmu Budaya adalah program sarjana sejumlah 9037 orang, Program Magister Linguistik sejumlah 772 orang, Program Doktor Linguistik 193 orang, Program Magister Kajian Budaya 614 orang, Program Doktor Kajian Budaya 249 orang.

Lulusan terbaik pada pelepasan calon wisudawan kali ini dari Program Sarjana adalah I Gusti Agung Ayu Putri Kinanti, S.S. dari Prodi Sastra Inggris dengan IPK 3,91, predikat Sangat Memuaskan serta lama studi 4 tahun, 2 bulan.

Lulusan terbaik pada Program Magister adalah Arni Darmayanti, S.Sos., M.Si. dari Program Magister Kajian Budaya dengan IPK 3,86, predikat Sangat Memuaskan serta lama studi 4 tahun, 2 bulan.

Lulusan terbaik pada Program Doktor diraih oleh Dr. Ida Bagus Made Wisnu Parta, S.S., M.Hum. dari Program Doktor Linguistik. dan memperoleh IPK 3, 93 dengan predikat Sangat Memuaskan serta lama studi 4 tahun 2 bulan.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya mengalungkan tanda kelulusan dan menyerahkan kenang-kenangan kepada calon wisudawan yang diwakili oleh ketiga lulusan terbaik masing-masing jenjang. Sementara itu, simbolis pelepasan calon wisudawan lainnya oleh Dekan FIB dilakukan dengan menampilkan satu persatu nama calon wisudawan.

Ketiga perwakilan calon wisudawan mewakili calon wisudawan lainnya menyerahkan simbolis kenang-kenangan berupa buku bagi Fakultas Ilmu Budaya. Buku-buku ini selanjutnya akan menjadi koleksi perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya.

I Gusti Agung Ayu Putri Kinanti, S.S. wakil calon wisudawan dari Program Studi Sastra Jepang menyampaikan kesan dan pesan alumni dan mengucapkan banyak terima kasih kepada pimpinan, staf pegawai, atas segala fasilitas yang sangat baik dan sangat memadai sehingga calon wisudawan dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik.

“Kita telah melalui proses pendidikan dengan penuh perjuangan, hingga akhirnya dapat mencapai hari yang bahagia ini. Mari kita lulus dengan awal baru, langkah-langkah besar menanti kita di depan.” ungkap Putri Kinanti dalam sambutannya.

Dekan FIB, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan selamat atas kesuksesan seluruh calon wisudawan. Yudisium merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh semua mahasiswa yang telah berjuang dalam dunia akademik. Acara ini menjadi salah satu puncak dalam menyelesaikan tahapan akademik dengan baik.

“Semuanya pasti diawali dengan sesuatu yang baru. Semuanya merupakan proses yang tentu saja saudara-saudara lalui dengan penuh proses dengan penuh tanggung jawab.” ungkap Dr. Sri Satyawati.

Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., menambahkan bahwa semua yang di yudisium kali ini adalah penerus bangsa yang memikul tanggung jawab besar pada masa dengan bangsa. Sehingga masing-masing wajib semakin meningkatkan kompetensinya untuk menghadapi berbagai tantangan baru. Sebagai lulusan Fakultas Ilmu Budaya calon wisudawan diharapkan untuk tetap menjaga nama baik almamaternya. Demikian juga ketika almamater membutuhkan kontribusi dari alumni, agar ikut juga berkontribusi bagi perkembangan lembaga.(kanalbali/RLS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.