DENPASAR, kanalbali.id – Jewel Rocks, salah satu UMKM asal Bali yang memproduksi aksesori autentik memilih untuk berjualan secara online melalui Tokopedia akibat pandemi COVID-19.
Sejak berjualan di platform digital tersebut, omzet Jewel Rocks pada 2021 meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan 2020.
“Apalagi saat itu toko ritel saya banyak tutup, jadi pemesanan dan pengiriman dilakukan secara online,” tutur pemilik Jewel Rocks, Imelda Widjaja dalam acara Tokopedia Media & Creator Hangout di Bali Timbungan Sunset Road, Rabu, (20/7/2022).
BACA JUGA: Beautifikasi Jelang G20, Begini Penampakan Bandara Ngurah Rai Bali
Imelda mengaku bahwa saat memulai usaha pada 2006 hanya bermodal Rp500 ribu. Meski selama 2 tahun pertama ia fokus membuat desain aksesoris berupa gelang untuk brand internasional. Namun saat ini dengan brand Jewel Rocks sendiri, ia mampu mengekspor produknya hingga ke Eropa dan beberapa negara di kawasan Asia Tenggara.
“Dalam menjalankan usaha ini, saya juga berkolaborasi dengan pengrajin perak, resin, manik kaca, dan pembuat warna natural yang tersebar di Bali, Jawa Timur, dan Bandung,” tuturnya.
Pegiat usaha perhiasan buatan tangan ini pun berkesempatan untuk memamerkan koleksi autumn/winter 2022 di Paris Fashion Week (PFW) Showroom dalam program ‘Indonesian Designers in Paris by L’Adresse Paris Agency’ dan KBRI Paris. Showroom ini berlangsung pada 4-7 Maret 2022 lalu di Palais Brongniart, Paris.
“Kedepannya Jewel Rocks akan menampilkan koleksi terbaru di PFW Summer collection di bulan September-Oktober 2022,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama pula, Tokopedia menyampaikan bahwa transaksi belanja online di Bali meningkat 1,5x lipat pada kuartal lI 2022 dibandingkan periode sama 2021.
Di sisi lain, Tokopedia juga mencatat jumlah transaksi yang mengalami peningkatan terlihat di beberapa kecamatan Provinsi Bali. Seperti Kecamatan Sidemen, Selemadeg Timur, Gilimanuk (desa), Pekutatan, dan Jembrana.
“Tren belanja online tersebut didorong oleh deretan inisiatif Hyperlocal dan kampanye Tokopedia. Sehingga turut menjadikan kategori Kesehatan, Makanan & Minuman, Elektronik, Rumah Tangga, dan Otomotif sebagai paling populer di Bali pada kuartal II 2022,” ujar Regional External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.
Selain pengusaha asal Bali, turut hadir Content Creator Nessie Judge dengan 9,43 juta pengikut di YouTube. Menurutnya, kesuksesannya sebagai content creator tidak terjadi secara instan. Baginya konsistensi dalam membuat konten menjadi kunci dalam melakukan segala hal termasuk membuat konten di sosial media.
“Meski pada awalnya saya membuat konten hanya sedikit atau tidak ada yang menonton tapi saya terus konsisten mengupload video hingga saat ini banyak yang percaya dan mengikuti YouTube saya,” kata Nessie. (Kanalbali/ADV)



Be the first to comment