Bahu Membahu Menjaga Protokol Kesehatan di Desa Wisata Canggu

Petugas gabungan saat memberikan edukasi kepada WNA terkait protokol kesehatan di Canggu. IST

BADUNG – Bali memiliki sederet desa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu desa yang menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara ketika berlibur di Pulau Dewata yakni Desa Canggu.

Desa yang berada di Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, memiliki spot menarik untuk memacu adrenalin dalam melakukan atraksi surfing dengan panorama matahari terbenam yang eksotik.

Kawasan Canggu juga layak untuk dikunjungi karena menawarkan pesona alamnya yang masih asri dengan pemandangan sawah dan pantai yang tak kalah indahnya dengan sejumlah objek wisata lainnya di Bali.

Namun, di tengah pandemi Covid-19, Desa Canggu terus bersolek menyambut wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Bhabinkamtibmas Desa Canggu Aiptu Putu Agus Wahyu Arta Negara mengatakan, penerapan protokol kesehatan dilakukan sejak pandemi Covid-19. Bahkan selama PPKM berlaku di Bali, protokol kesehatan menjadi fokus utama pemantauan.

“Selama ini kita fokus memantau protokol kesehatan, karena dengan itu Desa Canggu kembali bisa dikunjungi oleh wisatawan,” kata Arta, Sabtu (20/11/2021).

Arta mengatakan, pemantauan protokol kesehatan yang dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, hingga Desa adat tak hanya menyasar tempat wisata. Sejumlah pasar di Canggu juga menjadi fokus pemantauan.

Kegiatan itu, kata dia, dilakukan untuk  pengawasan meningkatnya aktivitas  jual beli  di pasar terutama pasar-pasar tradisional untuk keperluan sarana upakara persembahyangan.

“Kita lakukan pemantauan dan  penertiban, tidak hanya kepada para pedagang yang ada di pasar tetapi pengunjung pasar juga dihimbau untuk selalu mematuhi  protokol kesehatan pencegahan covid 19,” kata dia.

Arta menegaskan, pemantauan protokol kesehatan di Canggu dilakukan secara humanis. Wisatawan atau pun masyarakat di Canggu diingatkan agar selalu mentaati Protokol Kesehatan pencegahan covid 19.

“Kegiatan ini di harapkan mampu melakukan pencegahan terjadinya penyebaran Covid-19,” kata dia.

Sementara itu, seorang wisatawan asal Denpasar bernama Devi Wulandari mengaku terkesan dengan tim gabungan di Desa Canggu yang senantiasa memantau protokol kesehatan.

Selain itu, kata Devi, mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker sudah menjadi hal penting dalam setiap rutinitas yang dijalankan.

Devi bahkan merasa ada yang kurang jika pergi keluar rumah tanpa masker. Menurutnya, kedudukan masker sudah setara dengan dompet dan telepon genggam.

Devi menjadi saksi bahwa wisatawan yang mengunjungi Desa Canggu saat ini mulai patuh aturan secara perlahan. Termasuk protokol kesehatan.

“Saya sudah beberapa kali ke Canggu, saya lihat semua sudah pada patuh (protokol kesehatan),” kata dia.

Ia bahkan mengalami perasaan risih dan sadar akan adanya sanksi yang timbul jika masih ada masyarakat yang tak patuh protokol kesehatan.

Devi mengaku adaptasi manusia boleh jadi sebuah hal yang patut diacungi jempol. Di lain pihak, usaha kolektif untuk memutus mata rantai covid-19 tak boleh berhenti disini, setidaknya sampai badai pandemi corona ini berlalu.

“Harus sama-sama dong mematuhi protokol kesehatan, karena hanya dengan itu penyebaran Covid-19 bisa ditekan,” pungkasnya.

ACH. FAWAIDI

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.