Cegah COVID-19 di Sanur, Pasar dan Restoran Jadi Tempat Edukasi Protokol Kesehatan

Petugas saat melakukan sidak protokol kesehatan di salah satu pasar di Sanur. ACH

DENPASAR – Menjamurnya pasar dan restoran di Keluharan Sanur, Denpasar, membuat resiko penyebaran COVID-19 semakin tinggi. Demi menekan angka COVID-19 di dua pusat keramaian itu, keluharan Sanur gencar sosialisasi protokol kesehatan.

“Dari dulu kita memang fokus di dua tempat itu ya, pasar dan restoran, apalagi sejak penerapan kehidupan Bali Era Baru (New Normal) mulai diberlakukan, kita gencarkan sosialisasi protokol kesehatan disana,” kata Lurah Sanur, Ida Bagus Raka Jisnu saat dihubungi, Rabu (11/11/2020).

Raka menuturkan, selain edukasi tentang penerapan protokol kesehatan di Sanur, petugas juga senantiasa melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala. Bahkan penyemprotan itu, lanjut Raka, dilakukan sebelum sejumlah pasar dan restoran beroperasi.

“Jadi sebelum buka sudah dilakukan penyemprotan, walaupun tidak setiap hari, tak kami rutin lakukan. Yang jelas dalam satu minggu itu pasti ada kegiatan penyemprotan,” ujarnya.

Meski begitu, pihak keluharan Sanur, kata Raka juga tak melupakan aktivitas masyarakat diluar dua tempat itu yakni pasar dan restoran. Sejumlah petugas, juga seringkali turun ke rumah-rumah masyarakat untuk membagikan sejumlah hand sanitezer ataupun masker.

“Selama ini sudah berjalan dengan baik, bahkan kalau di Sanur itu, pelanggar protokol kesehatan itu relatif kecil ya, paling hanya satu dua orang saja, itupun paling hanya tidak memakai masker karena lupa, tapi kami tetap berikan edukasi baru setelah itu kita juga berikan masker,” terangnya.

“Tentu berharap masyarakat terus disiplin, jangan karena ada sidak Prokes terus disiplin, tapi disiplin memang karena kesadaran diri sendiri. Dengan begitu, kan masyarakat bisa menjalankan aktivitas normal sehari-hari seraya menerapkan gaya hidup yang lebih sehat untuk mencegah penularan dan penyebaran COVID-19, sehingga bisa produktif dan aman,” tuturnya. (Kanalbali/ACH)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.