Jadi Model Kerjasama BUM Desa dan Perhutani, Gus Halim Kunjungi Desa Wisata Genilangit

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar didampingi Nyai Lilik Umi Nashriyah dan Staf Khusus Ahmad Iman Syukri kunjungi Kabupaten Magetan Jawa Timur, Sabtu (18/12/2021). Foto: Humas Kemendes

JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar kepincut dengan keindahan desa wisata Genilangit yang menyajikan keindahan alam di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Destinasi wisata Genilangit merupakan mahakarya BUM Desa yang bersinergi dengan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) memanfaatkan keindahan alam di lereng Lawu. Saat ini telah berhasil memikat ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

“Ini hasil kerja sama antara BUM Desa dengan Perhutani, ini luar biasa banget, alamnya indah dan sejuk,” kata Gus Halim disela-sela kunjungannya ke Genilangit, Magetan, Sabtu (18/12/2021).

Menurut Gus Halim, Genilangit adalah salah satu potret pengembangan desa wisata yang sesuai dengan SDGs Desa ke-18 yaitu Kelembagaan Desa Dinamis Budaya Desa Adaptif. Tanpa meninggalkan kearifan lokal desa, Genilangit berhasil bersolek menjadi wisata yang diminati wisatawan.

Genilangit juga telah membuktikan pentingnya kolaborasi dalam membangun desa, memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki warga desa, termasuk potensi yang dimiliki perempuan desa, pemuda desa, serta pihak lain diluar desa, termasuk mitra pembangunan desa.

“Dan yang pasti keuntungan dari ini memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat, baik melalui APBDes maupun langsung diterima oleh warga masyarakat,” kata Gus Halim mengajak wisatawan berkunjung ke Genilangit

Sekedar informasi, setelah menikmati keindahan Desa Wisata Genilangit, Gus Halim dan didampingi Dirjen Pembangunan Desa dan Pedesaan (PDP) Sugito; staf khusus Menteri, Ahmad Iman Sukri bertolak ke Desa Temboro, Karas, Magetan, meresmikan BUM Des yang bergerak dibidang pengolahan limbah sampah. (Kanalbali/RLS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.