Kasus Positif Meningkat, Bali Tetap Dianggap Paling Baik Tangani COVID-19

Gubernur Bali Wayan Koster bersama Wagub Cok Ace saat menyampaikan pertangungjawaban 2 tahun masa kepemimpinan - IST

Kasus penularan COVID-19 kini sedang meningkat. Namun Pemerintah Presiden Jokowi, menurut Gubernur Wayan Koster,  menilai Bali sebagai provinsi dengan penanganan dan penanggulangan COVID-19  yang terbaik. “Bali mendapat penilaian terbaik dari pemerintah pusat mencakup pengendalian jumlah kasus baru positif, angka kesembuhan, dan pengendalian angka kematian,” kata Koster saat memaparkan kinerja 2 tahun kepemimpinannya di Gedung Ksirarnawa Art Center, Denpasar, Sabtu (5/9).

Koster menuturkan, selain mendapat penilaian terbaik dalam pencegahan dan penanggulangan COVID-19 dari Pemrograman Pusat, Bali bahkan dijadikan percontohan keterlibatan desa adat dalam penanggulangan COVID-19.

“Yang sangat penting, adalah bahwa Bali menjadi percontohan dalam penanganan COVID-19 dengan memberdayakan desa adat melalui pembentukan satgas gotong royong yang bersinergi dengan berbagai pihak,” jelas Koster.

Namun , Koster meminta masyarakat tak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan. “Perkembangan COVID-19 di Bali di minggu belakangan ini cenderung meningkat. Jadi kita harus semakin disiplin untuk menjalankan protokol kesehatan, tertib dan disipin itu agar bisa melindungi diri kita dan warga sekitar masing-masing,” jelasnya.

Demi meningkatkan tingkat disiplin warga, Koster mengaku akan memaksimalkan Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19 dalam tatanan kehidupan baru yang di dalamnya diatur mengenai sanksi bagi masyarakat yang tak taat protokol kesehatan. (Kanalbali/ACH)