Kelurahan Peguyangan Edukasi Para Ibu Cegah Klaster Keluarga

Kegiatan sosialisasi protokol kesehatan di Keluharan Peguyangan, Denpasar. ISTI

DENPASAR – Kelurahan Peguyangan, Denpasar, memiliki pendekatan yang berbeda dalam rangka menekan penyebaran COVID-19. Daerah yang masuk dalam kawasan Kecamatan Denpasar Utara itu melibatkan ibu rumah tangga dan organisasi kewanitaan dalam mencegah klaster keluarga.

“Kemarin-kemarin kan sempat ramai soal klaster keluarga, sejak saat itu kami mulai fokus memberikan edukasi kepada ibu rumah tangga atau organisasi kewanitaan tentang pentingnya protokol kesehatan di rumah,” kata Lurah Peguyangan, Anak Agung Gede Agung Dharma Putra saat dihubungi, Sabtu (21/11/2020).

Dharma menuturkan, edukasi pentingnya protokol kesehatan untuk mencegah klaster keluarga bukan tak hanya dilakukan dengan cara dalam bentuk seminar, namun juga didatangi langsung ke rumah-rumah masyarakat. Dengan begitu, lanjut dia, pesan yang mau disampaikan bisa lebih maksimal.

“Kita memang adakan satu dua kali edukasi dalam bentuk seminar, tapi setelah itu kita lebih Gencar lagi ke masyarakat langsung. Kami berharapnya pesan penting dari protokol kesehatan bisa tersampaikan dengan baik,” terangnya..

Selain itu, sidak protokol kesehatan di Kelurahan Peguyangan tetap dilakukan. Sidak itu, kata Dharma, tetap melibatkan petugas gabungan yang terdiri beberapa unsur, yakni TNI-Polri, Satgas Kecamatan, Linmas, dan desa adat serta pecalang setempat.

Sidak itu sekaligus bentuk sosialisasi dan penegakan Peraturan Gubernur (Pergub) No 46 Tahun 2020 dan Peraturan Walikota (Perwali) No 48 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (COVID-19) dalam Tatanan Kehidupan Era Baru.

“Sejauh ini sudah berjalan dengan baik, memang ada beberapa orang yaang ditemukan melanggar, tapi itu mayoritas alasan mereka lupa membawa masker, kalau dari protokol kesehatan yang lain tentang jaga jarak, cuci tangan, itu masyarakat sudah menjalankan dengan baik. Semoga kedepan masyarakat terus disiplin,” tuturnya. (Kanalbali/ACH)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.