Kelurahan Pedungan Sasar Indekos Edukasi Protokol Kesehatan

Petugas gabungan di Kelurahan Pedungan memberikan edukasi prokes ke pemilik kos. IST

DENPASAR – Edukasi pentingnya protokol kesehatan di Keluharan Pedungan, Denpasar tak hanya menyasar tempat atau hunian yang ditempati oleh masyarakat sekitar. Edukasi itu juga menyasar para penghuni Indekos yang menjamur di Keluharan Pemecutan.

“Di Keluharan Pedungan soalnya banyak kos-kosan, jadi edukasi protokol kesehatan itu selain ke rumah-rumah warga yang asli penduduk pedungan juga kita sasar ke kos-kosan,” kata Lurah Pedungan, Anak Agung Gede Oka saat dikonfirmasi, Sabtu (21/11/2020).

Oka menjelaskan, selama pandemi COVID-19, hunian Indekos di Keluharan Pedungan memang menunjukkan grafik menurun lantaran banyak pekerja yang bekerja di sekitar Pedungan memilih untuk pulang. Meski begitu, edukasi protokol kesehatan tetap dilakukan terutama kepada pemilik kos.

“Pemilik kos yang jadi sasaran edukasi kami, meraka kan menjadi tangan panjang kami untuk melakukan pengawasan kepada setiap penghuni kos. Tapi kalau saat kami melakukan sidak, kami tetap berikan edukasi juga,” terangnya.

Lebih jauh, Oka menyampaikan, selama ini, para penduduk non permanen yang tinggal di Indekos Pedungan menunujukkan perilaku yang baik dalam penerapan protokol kesehatan. Artinya, apa yang menjadi imbauan pemerintah terkait pentingnya protokol kesehatan diserap dengan baik.

“Jadi tugas kami di lapangan jauh lebih ringan jadinya, karena jarang sekali kita temui pelanggar protokol kesehatan,” jelasnya.

Lebih daripada itu, Kelurahan Pedungan, kata Oka juga tetap aktif menyasar para pengguna jalan yang tak disiplin menerapkan protokol kesehatan. Selain memberikan sanksi sesuai aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kota Denpasar, edukasi juga diberikan kepada masyarakat.

“Jadi kita biasa tuh, jika ada orang melanggar terus mereka sudah kena sanksi, kita berikan edukasi bagaimana dan betapa pentingnya protokol kesehatan dijalankan, kami bahkan berikan mereka masker,” tuturnya.

Kedapan, Oka berharap penduduk non permanen ataupun penduduk permanen di Keluharan Pedungan untuk bahu membahu menerapkan protokol kesehatan. Sebab, hanya dengan protokol kesehatan penyebaran COVID-19 di Kota Denpasar khususnya di Keluharan Pedungan bisa ditekan. (Kanalbali/ACH)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.