Lagi, BKSDA Lakukan Pelepasliaran Penyu Hasil Sitaan

Balai KSDA Bali bersama dengan Ditreskrimsus Polda Bali, TCEC Serangan, KPP Sindu Dwarawati dan para stakeholder serta pengunjung hari ini melepasliarkan penyu hasil sitaan Penyu Hijau yang dilindungi Undang – Undang sebanyak 8 ekor di pantai Sindu – Sanur – Denpasar.

Penyu Hijau ini merupakan hasil operasi Ditreskrimsus Polda Bali pada bulan Juni 2020 pada saat itu mengamankan sebanyak 12 ekor Penyu Hijau dan akan dilepasliarkan sebanyak 8 ekor.

Sebelum dilakukan pelepasliaran telah dilakukan pemantauan dan observasi di TCEC Serangan untuk memastikan kesehatan satwa penyu yang akan dilepasliarkan.

Hasil observasi di TCEC dinyatakan bahwa penyu – penyu tersebut dalam kondisi sehat dan siap  untuk  dilepasliarkan ke habitatnya. Untuk proses penyidikan Balai KSDA Bali masih menitiprawatkan barang bukti satwa liar tersebut sebanyak 3 ekor.

Selain melakukan pelepasliaran penyu Hijau hasil sitaan tersebut. Pada kesempatan ini pula dilakukan pelepasliaran tukik / anakan penyu jenis Lekang (Lepidochelys olivácea) sebanyak 200 ekor. Ke – 200 ekor.

Tukik ini merupakan salah satu hasil kegiatan penyelamatan sarang telur penyu yang dilakukan oleh kelompok masyarakat yaitu TCEC Serangan dan KPP Sindu Dwarawati. ( RLS )

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.