Prodi Sastra Inggris Unud Gelar Pengabdian Masyarakat di SMK PGRI Payangan, Gianyar

Foto bersaam usai acara pengabdian masyarakat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana pada hari Rabu, 18 Mei 2022 bertempat di SMK PGRI Payangan, Gianyar - IST

GIANYAR, kanalbali.id – Untuk melaksanakan salah satu kegiatan Tri Dharma Pendidikan Tinggi, tim pengabdian kepada masyarakat Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada hari Rabu, 18 Mei 2022 bertempat di SMK PGRI Payangan, Gianyar.

Kegiatan PkM yang diketuai oleh Prof. Dr. Dra. Ida Ayu Puspani, M.Hum ini bertajuk “Pemanfaatan Berbagai Kamus Dalam Jaringan Guna Meningkatkan Kemampuan Pelafalan Vokal Rangkap Bahasa Inggris oleh Siswa SMK PGRI Payangan Gianyar”.

Pada kegiatan ini, tim PkM Program Studi Sastra Inggris memperkenalkan sistem pelafalan vokal rangkap dalam bahasa Inggris kepada siswa-siswi SMK PGRI Payangan serta cara memanfaatkan berbagai kamus dalam jaringan untuk meningkatkan keterampilan pelafalan.

Ketua Tim Pengabdian, Prof. Dayu Puspani memaparkan bahwa kegiatan PkM ini merupakan Program Udayana Mengabdi, salah satu skim PkM yang dimiliki oleh Universitas Udayana.

BACA JUGA: Sambut HUT Ke-21, LPM Khlorofil Gelar Webinar Citizen Journalism

Lebih lanjut, Prof Dayu Puspani menjelaskan bahwa dalam merancang dan melaksanakan kegiatan ini dirinya dibantu oleh 5 orang anggota PkM yang terdiri dari tiga orang dosen yakni (1) Dr. Dra. Ni Luh Ketut Mas Indrawati, M.A. (2) Dr. Ni Wayan Sukarini, M.Hum. dan (3) Novita Mulyana, S.S., M.Hum. serta dua orang mahasiswa yakni (1) Ni Luh Kadek Ayu Darmapatni dan (2) Erfina Maulani Putri. Seluruh anggota berasal dari Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana.

Menurut Prof. Dayu Puspani, pemilihan siswa – siswi kelas XI SMK PGRI Payangan Gianyar menjadi target sasaran kegiatan pengabdian ini dilakukan atas berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah perkembangan Kecamatan Payangan sebagai salah satu tujuan pariwisata di Kabupaten Gianyar serta posisi strategis SMK PGRI Payangan yang mencetak lulusan-lulusan yang nantinya akan bekerja di bidang pariwisata.

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada hari Rabu, 18 Mei 2022 bertempat di SMK PGRI Payangan, Gianyar – IST

“Seiring dengan dibukanya kembali Pariwisata di Bali, pada era new normal ini, Kecamatan Payangan sebagai salah satu daerah yang dikembangkan menjadi daerah tujuan pariwisata tentunya akan memerlukan sumber daya muda yang terampil dan salah satu keterampilan yang dibutuhkan adalah keterampilan berbahasa Inggris yang baik. Dengan melakukan kegiatan pengabdian ini, kami berharap adik-adik siswa SMK PGRI Payangan akan memperoleh manfaat dan dapat menggunakan berbagai kamus dalam jaringan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris sehingga dapat berguna di dunia kerja nantinya”, papar Prof Dayu Puspani.

Kepala SMK PGRI Payangan, Ni Made Sastra Miradani, S.Pd, M.Pd. menyambut baik kedatangan tim pengabdian Program Studi Sastra Inggris ke sekolah yang dipimpinnya.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Tim dosen Prodi Sastra Inggris FIB UNUD untuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SMK PGRI Payangan, kami menyambut baik kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan siswa kami dalam pengucapan dan pelafalan Bahasa Inggris agar mereka mampu menjadi pelaku pariwisata yang berkualitas, harapan kami untuk kedepannya kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan SDM masyarakat khususnya dalam bidang Bahasa Inggris’, ungkap Sastra Miradani.

Koordinator Program Studi Sastra Inggris, Dr. I Wayan Mulyawan, S.S., M.Hum. menyampaikan apresiasinya kepada Tim PkM yang telah mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan dengan baik.

“Kegiatan PkM merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh dosen di Program Studi Sastra Inggris sebagai salah satu dari tiga kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kami mendukung sepenuhnya kegiatan PkM yang dilaksanakan dosen kami karena hal ini juga merupakan bentuk komitmen Prodi Sastra Inggris untuk secara aktif berkontribusi di masyarakat. Semoga kegiatan PkM ini dapat memberikan manfaat bagi para siswa SMK PGRI Payangan sesuai yang diharapkan” ungkap Dr. Mulyawan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim PkM, Prof. Dayu Puspani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala SMK PGRI Payangan karena telah memperkenankan timnya melaksanakan pengabdian di sekolah tersebut. Ucapan terima kasih juga diberikan kepada Rektor Unud, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, serta Koordinator Program Studi Sastra Inggris atas dukungan yang telah diberikan sehingga kegiatan PkM yang dirancang dapat terselenggara dengan baik dan lancar. (Kanalbali/RLS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.