DENPASAR, kanalbali.id – Langkah inovatif dilakukan Prudential Indonesia untuk memperluas jangkauan edukasi finansial. Yakni, dengan menghadirkan Influencer Gathering dan memberdayakan kreator muda melalui konten digital yang positif dan informatif.
“Acara ini menegaskan komitmen Prudential Indonesia dalam mendorong generasi muda menjadi lebih cerdas, kreatif, dan berdampak dalam menyebarkan literasi keuangan,” kata Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia di Denpasar, Sabtu, 22 Nopember 2025
.Sebelumnya, acara yang sama sukses digelar di Surabaya pada 25 Oktober dan Medan pada 15 November.
Pertimbangan menggelar acara di denpasar karena Bali memiliki ekosistem kreator digital yang berkembang pesat.
Sepanjang 2024, tercatat 7.927 unit usaha ekonomi kreatif, tumbuh 59% dari tahun sebelumnya, didukung akses internet Bali yang termasuk terbaik di Indonesia1.
Kisah Kehidupan De Gadjah: Sempat Terpuruk, Bangkit Lagi dan Jadi Kepercayaan Prabowo Subianto
Namun, di balik potensi tersebut, tantangan literasi keuangan masih nyata. Meskipun Indeks Inklusi Keuangan Bali mencapai 92,21%, tingkat literasi keuangan baru berada di angka 57,66%2, menandakan perlunya pemahaman finansial yang lebih kuat.
Dari lebih dari 448 ribu UMKM di Bali, baru sekitar 34% yang telah mengadopsi digitalisasi pemasaran dan keuangan, memperlihatkan pentingnya edukasi finansial yang dikemas secara kreatif dan dekat dengan budaya digital anak muda.
Jembatan Kreativitas dan Literasi Keuangan
Influencer Gathering Bali dari Prudential Indonesia hadir sebagai jembatan antara kreativitas digital dan pemahaman finansial.
Acara yang dihadiri 113 kreator konten lokal, serta komunitas kreatif Denpasar ini mengajak peserta mengikuti sesi berbagi wawasan mengenai personal branding, storytelling di media sosial, serta cara menciptakan konten edukasi finansial yang ringan namun substansial.
Peserta juga mempraktikkan langsung pembuatan agar mereka mampu menghasilkan materi edukatif yang bisa disebarkan secara konsisten di kanal digital mereka.
Acara ini turut menghadirkan Nyoman David, konten kreator, yang membagikan pengalaman kreatif dan strategi membangun engagement di tengah pasar konten yang kompetitif. Kehadiran kreator lokal Bali memberi inspirasi bagi peserta untuk menggabungkan kreativitas dengan pesan edukatif yang berdampak bagi masyarakat.
Program Cuap (Cerita Untuk Akses Perlindungan) bareng Prudential merupakan inisiatif afiliasi dari Prudential Indonesia yang memungkinkan siapa pun mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga produktif, pekerja muda, hingga kreator digital untuk memperoleh penghasilan tambahan hanya dengan membagikan konten edukasi keuangan dan informasi produk proteksi.
Dengan materi konten yang siap pakai, proses pembuatan konten menjadi lebih mudah, dan para Cuapers berkesempatan mendapatkan insentif berdasarkan konversi tautan Cuap mereka. Program ini menjadi solusi fleksibel yang sejalan dengan tren anak muda yang mencari peluang pendapatan digital dan pekerjaan kreatif berbasis komunitas.
Dengan mengusung komitmen untuk menghadirkan edukasi finansial yang inklusif dan mudah diakses, Prudential Indonesia berharap semakin banyak kreator muda Bali yang terdorong untuk menciptakan konten yang informatif, menginspirasi, dan membantu masyarakat memahami cara mengelola keuangan untuk masa depan yang aman, sehat, dan sejahtera. ( kanalbali/ RLS )


