Agar Tak Bosan Ini Tips Tetap Produktif Saat di Rumah Aja

pixabay by TheDigitalArtist

PANDEMI Covid-19 telah membuat banyak batasan dalam segala hal. Terlebih  saat diberlakukan lockdown atau pembatasan wilayah.

Situasi ini membuat orang-orang hanya bisa beraktivitas di sekitar rumah. Meski demikian, bukan berarti seseorang tidak bisa tetap produktif selama di dalam rumah.

Dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital Wilayah Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Jumat 3 Desember 2021, Nard Geisha, musisi sekaligus key opinion leader, mengatakan bahwa ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk bisa tetap produktif di rumah. Mulai dari membuat musik, video, hingga berolahraga.

“Yang memiliki hobi di bidang musik, dan memiliki bakat seperti menyanyi atau memainkan alat musik. “Memproduksi musik sendiri tidak hanya dilakukan dengan bisa memainkan alat musik, mempelajari dan membuat musik bisa dilakukan melalui software atau aplikasi,” kata Nard.

Kemudian, ia juga menyarankan untuk bisa belajar aplikasi video editing, membuat konten positif. Selain bisa membuat karya dan menambah skill, karya dan skill kita juga bisa membuka peluang income di masa pandemi dengan tetap dirumah aja.

“Selain video, foto juga bisa kita olah dan Edit untuk menghasilkan karya yang Original dan kreatif. Skill editing foto Sangat bermanfaat di era saat ini, Selain untuk dokumentasi dan Mengabadikan moment, foto juga bisa Menjadi karya seni yang lebih bisa dihargai.” kata dia.

Kenali File Sharing, Fitur dan Manfaatnya

Selanjutnya, ia juga mengingatkan meski demikian, kesehatan adalah hal terpenting dalam hidup, untuk tetap produktif dan kreatif. Oleh sebab itu berolahraga, jadi penting untuk tetap sehat selain menambah kekebalan tubuh dan imun.

“Kemudian juga bisa memasak, aktifitas yang satu ini juga tidak kalah menyenangkan. Dengan memasak kita bisa menekan cost pengeluaran, dan membuat resep Baru yang bisa kita share di media sosial. Selain itu bisa juga membuka peluang usaha,” kata dia.

Dalam webinar tersebut juga hadir pembicara lainnya, Chris Jatender, Kaprodi Teknik Informatika TTI Forija Djadi, Pemilik Deva Wedding dan Event, dan Marius Redrikus, Guru Teknisi Lab SMK Petrus Ruteng.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital. (Kanalbali/RLS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.