Yuk Simak Tips Memulai Bisnis Online dengan Mudah

pixabay by mohamed_hassan

BUSINESS PLAN  menjadi sebuah faktor utama kelancaran seseorang untuk menjalankan usahanya. Sebab dengan business plan yang baik makam tujuan kita bisa lebih tercapai sekaligus gampang mengevaluasi.

Business Plan merupakan rencana tertulis yang menjelaskan tentang bagaimana bisnis dilakukan agar dapat tercapai tujuan yang diharapkan.

Shella Nadia, CEO Artfashion dalam Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Rabu 24 November 2021 mengatakan bahwa dengan bisnis plan yang baik maka kita sebagai pebisnis lebih terarah untuk mencapai tujuan.

“Bagaimana kita membangun bisnis dari 0 agar lebih terarah. Hal pertama adalah jangan menunda-nunda. SEmakin cepat dilakukan maka akan makin bagus,” ujar Shella dalam webinar yang dipandu oleh Jhoni Chandra ini.

Dikatakan Shella dengan memulai bisnis maka kita mendapatkan pengalaman yang penting sebagai bahan evaluasi karena kita tidak bisa tahu apakah konsep yang kita inginkan bisa diserap konsumen dan klik dengan keinginan konsumen.

“Contohnya saya dulu berbisnis baju wanita, saat berjalan baru tahu ternyata para laki-laki pun tertarik begitu juga dengan permintaan kaum ibu yang ingin membeli di toko saya sekalian baju suami beserta baju anak. Kalau kita tidak memulai dulu mana saya tahu kebutuhan konsumen saya ternyata diluar apa yang saya pikirkan,” imbuh Nadia lagi.

Ada banyak pelajaran yang bisa kita dapat dengan memulainya dan pelajaran paling mahal itu adalah pengalaman kita sendiri. “Kalau ada ide mulai saja dulu, sempurnakan setelah berjalan dan memperoleh pengalaman berharga,” lanjutnya lagi.

BACA JUGA:

Jangan Asal Posting, Penggunaan Internet Harus Tangkas dan Cerdas

Pentingnya Feedback dari Pelanggan

Feed back dari pelanggan itu lebih berharga daripada kelamaan berpikir bahwa produk kita harus sempurna dulu baru memulai. “Jadi lebih baik dapat feed back langsung dari konsumen, jangan kebanyakan teori dan manfaatkan yang ada. Misalnya berjualan online HP masih belum bagus sehingga speed kurang, gakpapa manfaatkan apa yang ada dulu, nanti jika sudah punya keuntungan bisa dialokasikan untuk membeli HP baru untuk memaksimalkan penjualan.”

Jika bisnis sudah agak mapan, pastikan untuk membuat tim agar lebih profesional karena tanpa kerjasama tim maka bisnis susah berkembang. “Ingat juga bahwa bisnis adalah organisasi untuk mencari profit dengan menjual barang atau jasa dan harus dilakukan dengan tim jika mulai merangkak naik.”

Selain Nadia juga hadir pembicara lainnya yaitu Rizky Rahmawati Advokat dan Managing Partner Law Office Amali & Associates, Dr.Murdan SHI, MHI, MH Dosen Fakultas Syariah Institut Agama Islam Qomarul Huda Lombok Tengah dan Sondang Pratama sebagai Key Opinion Leader.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital. (kanalbali/rls)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.