Kagama Goes to Munas Bakti Sosial di Tabanan

Salah-satu warga yag mendapat bantua operasi katarak saat bakti sosial 'Kagam Goes to Munas' - RFH

TABANAN, kanalbali – 6 warga di banjar Batan Nyuh, Desa Belayu, Kecamatan Marga, Tabanan, Bali menikmati layanan operasi katarak dalam bakti sosial yang digelar Panitia Musyawarah Nasional (Munas) ke-13 Keluarga Alumni Gajah Mada (Kagama), Selasa (13/8/2019). Selain mereka, ada 201 warga yang mendapatkan layanan pemeriksaan dan pemberian kacamata gratis.

Ketua Panitia Harian Munas Agung Diatmika menjelaskan, acara bakti sosial itu merupakan rangkaian acara pendahuluan yang dikemas dengan tajuk ‘Kagama Goes to Munas’. “Sebelumnya sudah ada acara bersih pantai dan nanti akan ada banyak kegiatan lainnya,” ujarnya.

Tujuan kegiatan-kegiatan itu, kata dia, untuk lebih mempererat persaudaraan diantara alumni yang ada di Bali dan mendekatkan Kagama dengan masyarakat. “Kami sekaligus melakukan pendataan anggota yang tersebar di berbagai bidang kerja dan profesi,” kata notaris senior ini.

Acara Munas sendiri baru akan berlangsung pada tanggal 15-17 Nopember 2019 di Denpasar dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum dan kepengurusan baru menggantikan kepengurusan yang diketuai Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah-red). Presiden Joko Widodo yang jug adalah alumni Fakultas Kehutanan UGM direncanakan membuka kegiatan itu.

Diatmika menjelaskan, acara bakti sosial juga dirangkaikan dengan kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UGM yang ditempatkan di Desa Belayu serta program dari Yayasan Jhon Fawcett Foundation yang sudah lama bergerak dalam bidang penanganan katarak dan penyakit mata lainnya.

Menanggapi acara tersebut, tokoh masyarakat Marga , Eka Nurcahyadi menyatakan sangat berterima kasih karena manfaat yang sangat besar bisa dinikmati warganya. “Kami percaya alumni Kagama dengan potensi yang begitu besar bisa berperan banyak dalam berbagai bidang,” ujar Ketua Komisi I DPRD Tabanan ini. (kanalbali/RLS)