KAGAMA Siapkan Munas Jadi Ajang Bersinergi dan ‘Menyama Braya’ di Bali

Berfoto bersama usai rapat Panitia Munas Kagama bersama PP Kagama di Denpasar (IST)

DENPASAR, kanalbali –  Bali sebagai destinasi wisata utama di Indonesia telah dipilih oleh keluarga alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) sebagai tempat untuk menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) ke-13 pada tanggal 14-17 November nanti.

 Dipilihnya Bali tentusaja tidak terlepas dari daya tarik wisata  dan selama ini  telah berhasil menjadi lokasi pertemuan tingkat nasional maupun internasional dengan aman dan nyaman. Kegiatan Munas  rencananya diselenggarakan di hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo yang juga alumni Universitas Gadjah Mada.

“Temanya,  KAGAMA Bersinergi Untuk Indonesia Maju,” kata Ketua Panitia Pelaksana Munas,  I Gusti Ngurah Agung Diatmika, Sabtu (14/9).

Panitia Munas Kagama melakukan peninjauan lokasi Munas di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar (IST)

Berbagai kegiatan baik yang bersifat keorganisasian, ilmiah maupun sosial akan digelar secara bersamaan pada acara tersebut. Acara utama  adalah sidang organisasi yang akan menentukan ketua umum KAGAMA periode 2019-2024 dan berbagai arah kebijakan organisasi kedepan. Sedang kegiatan ilmiah yang dilaksanakan adalah seminar ilmiah dengan sub-topik Roadmap Pembangunan SDM Indonesia.

Seminar yang diselenggarakan di Bali ini merupakan rangkaian terakhir dari seminar nasional pra-munas yang diselenggarakan di empat kota sebelumnya, yakni Medan, Manado, Semarang dan Balikpapan dengan topik utama ‘Mempersiapkan SDM Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Menuju Indonesia Maju’.

Tim panitia Munas Kagama Bali diterima oleh Kabag Bin Ops, Ro Ops Polda Bali, AKBP Wayan Jiartana untuk melakukan koordinasi pengamanan Munas (IST)

Topik dari seminar ini sendiri merangkai suatu kajian nasional yang diharapkan dapat mernjadi salah satu sumbangsih pemikiran para alumni Universitas Gadjah Mada dalam pembangunan bangsa, sesuai dengan arah kebijakan pemerintah saat ini.

Sedangkan kegiatan budaya dan sosial yang diselenggarakan pada acara munas ini adalah kegiatan jalan santai gratis-berhadiah yang terbuka untuk di ikuti krama Bali pada tanggal 17 November 2019.9.14

Ada juga  bakti sosial pengobatan mata, pemberian kacamata gratis dan operasi katarak yang diselenggarakan KAGAMA bekerjasama dengan yayasan John Fawcet Foundation (JFF) pada hari dan tempat yang sama di Inna Grand Bali Beach Sanur.

Panitia Munas Kagama usai melakukan rapat dengan Kagama Muda yang akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan serangkaian Munas ke-13 (IST)

Sementara itu, kegiatan hiburan dan budaya akan diselenggarakan di kawasan pantai Inna Grand Bali Beach pada Minggu pagi tanggal 17 dengan menampilkan artis ibukota Via Vallen, band Crazy Horse, dan pentas budaya bali. Diharapkan melalui kegiatan ini terjalin sinergitas antara anggota KAGAMA dengan krama Bali sekaligus mewujudkan slogan munas yang khas Bali, yakni Menyama Braya.  

Dalam kaitan tersebut, panitia pelaksana KAGAMA Bali telah aktif melakukan berbagai persiapan dan koordinasi dengan berbagai pihak secara serius. Beberapa pertemuan membahas detail rencana kegiatan munas telah dilaksanakan baik di sekretariat pengurus daerah KAGAMA Bali di Jl. Anyelir No. 3 Denpasar maupun di lokasi lain sesuai kebutuhan.

Lebih jauh, ketua pelaksana harian munas bersama ketua pengurus daerah KAGAMA Bali Anak Agung Gede Oka Wisnumurti mengharapkan partisipasi masyarakat Bali  khususnya meramaikan acara jalan santai, pentas budaya dan pengobatan mata gratis yang dilaksanakan pada hari Minggu 17 November 2019 di pantai Inna Grand Bali Beach. (kanalbali/IST)