Sinergitas CSR, TP PKK Denpasar Gelar Pengembangan Hatinya PKK

DENPASAR – Menopang penguatan ekonomi keluarga dalam ketahanan pangan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Denpasar bersama masyarakat getol dalam pengembangan halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK.

Sinergitas dari Coorporate Sosial Responsibility (CSR) dari  Astra Grup Bali dan Astra Daihatsu  terlibat dalam pengembangan Hatinya PKK Denpasar dalam pemanfaatan pekarangan, budidaya, dan kebersihan lingkungan.

Kunjungan motivasi bersama Hatinya PKK Kota Denpasar ini diawali di Kelurahan Sumerta Kecamatan Denpasar Timur. Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa menyerahkan ratusan bantuan bibit tanaman pangan kepada kelompok “Kebun Tali Kasih” lingkungan Ketapian Kelod Kelurahan Sumerta.

Kelompok binaan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar di Banjar Tegeh Sari, Kelurahan Tonja juga dikunjungi Ny. Sagung Antari dan Ny. Ayu Kristi. Dalam kesempatan tersebut Ny. Antari termotivasi atas ketekunan warga melaksanakan pemanfaatan pekarangan dengan tanaman pangan hingga budidaya ikan lele.

“Kami termotivasi dengan semangat dan kreativitas salah satu kelompok warga masyarakat di Banjar Tegeh Sari dalam melakukan pemanfaatan pekarangan dengan tanaman pangan hingga budidaya,” ujar Ny. Sagung Antari.

Hal ini juga menurut Ny. Sagung Antari tidak terlepas dari sinergitas kita bersama, dari peran serta CSR hingga penggiat peduli lingkungan merangkul warga dan memotivasi bersama dalam ketahanan pangan dan penguatan ekonomi keluarga.

Di samping itu Ny Antari Jaya Negara mengatakan 10 program pokok PKK disinergikan dengan OPD sebagai upaya gerak cepat dalam membantu pemerintah supaya program PKK bisa tersentuh langsung dengan masyarakat di bawah. Melalui sinergitas dengan OPD dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat, seperti mengatasi stunting dan kurang gizi.

Seperti dalam kelompok yang berada di wilayah Kelurahan Tonja ada sebuah usaha bersama dalam kepedulian lingkungan. Pengolahan tanaman pangan menjadi makanan siap saja seperti keripik bayam yang di olah sangat apik dan dikemas baik.

DeNamun hal ini diharapkan dapat dilakukan pembinaan bersama dalam desain kemasan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar. “Dari bantuan tanaman yang diserahkan kali ini bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan bercocok tanam, secara tidak langsung hasilnya dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” jelasnya sembari mengucapkan terima kasih atas bantuan CSR yang diserahkan Pimpinan Astra Gorup Bali, Ida Bagus Astawa Suryaputra dan Pimpinan Astra Daihatsu Cokro, Arif Budianto. (Pur/humasdps)