6 Fungsi Media Sosial Bagi Remaja, Bisa Jadi Tempat Ajang Promosi Bisnis!

pixabay by Mediamodifier

MEDIA SOSIAL memiliki peran signifikan bagi beberapa kelompok masyarakat, salah satunya remaja dan pemilik usaha. Fungsi media sosial juga terkadang semakin besar, seiring berjalannya waktu.

Dikatakan oleh Sutradara, Sondang Pratama, setidaknya ada enam fungsi utama media sosial bagi remaja, salah satunya adalah jadi wadah promosi.

“Ada begitu banyak fungsi media sosial yang memberikan dampak positif terutama bagi para remaja Tanah Air mulai dari tempat bersosialisasi, mengutarakan ide kreatif, membuka usaha bisnis hingga menjadi ajang promosi bisnis kalian. Apalagi saat ini sebagian besar remaja tak bisa lepas dari media sosial,” kata Sondang.

Berbicara dalam acara webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis (11/11/2021), ia memaparkan enam fungsi tersebut. Berikut paparannya!

  1. Tempat Bersosialisasi

Fungsi media sosial bagi memaja yang pertama, kata Sondang. adalah bisa dijadikan sebagai tempat bersosialisasi. Apalagi media sosial membuat hubungan nampak tanpa dihalangi jarak dan waktu.

“Kalian bisa memiliki koneksi dengan berbagai orang dari seluruh dunia. Hal ini cukup baik bagi kalian yang ingin bersosialisasi lebih luas. Kalian juga tak perlu repot pergi ke sana ke mari, cukup dengan satu sentuhan saja, bisa saling terhubung,” katanya.

  1. Tempat Banyak Ide Kreatif

Fungsi media sosial berikutnya adalah menjadi tempat ditemukannya banyak ide kreatif. Anak muda bisa menemukan banyak ide kreatif di media sosial karena banyak inovasi baru yang bermunculan dalam media sosial. Tak jarang pula, kita bisa mendapatkan tips, trik, petunjuk, materi hingga tutorial di media sosial. Kalian hanya perlu mencari dan menemukan ide-ide tersebut.

  1. Buka Usaha Bisnis

Tak bisa dipungkin juga, fungsi menguntungkan lain media sosial adalah mempermudah promosi bisnis. Media sosial dapat mempermudah konsumen melihat produk apa saja yang dijual. Tak hanya itu, dengan adanya media sosial para konsumen juga bisa mengenal lebih detail produk yang ingin dibeli.

Setiap usaha bisnis juga kini harus memiliki setidaknya satu atau bahkan empat halaman media sosial. “Ini juga digunakan untuk melayani setiap jenis pembeli. Tentu saja, dengan adanya media sosial sangat membantu kalian membangun usaha bisnis,” tambahnya.

  1. Ajang Promosi

Selain sarana membuka bisnis usaha, fungsi media sosial juga bisa sebagai platform promosi baik secara lisan maupun melalui siber.

Di media sosial ini, kalian bisa mempromosikan produk atau jasa apapun lewat laman online. Oleh karena itu, saat ini banyak sekali bermunculan iklan atau ajang promosi suatu produk dan jasa baik di Instagram, Facebook hingga Twitter.

Sering Dilupakan, Ini Pentingnya Pakai Etika Digital

  1. Tempat Kabar dan Info Terkini

Setiap hari biasanya akan ada sesuatu yang terjadi di dunia. Entah itukabar baik ataupun kabar buruk, tak bisa dielak berita terbaru tersebut cepat menyebar melalui media sosial.

Sayang, di sisi lain juga ada saja berita yang tumpang tindih dengan kabar sebenarnya. Maka dari itu, sebagai pengguna media sosial ada baiknya kalian bisa memilih berita mana saja yang tepat untuk dikonsumsi.

Adanya kesalahan sedikit saja informasi, bisa memunculkan hoaks yang justru gampang dipercaya oleh orang lain.

  1. Saling Bantu Sesama

Media sosial juga bisa dijadikan sarana memerangi kejahatan ataupun saling membantu sesama. Seperti diketahui bersama, kejahatan di media sosial ada begitu banyak dan tak sedikit para penggunanya yang menjadi korban.

“Menggunakan media sosial dengan hati-hati bisa menjadi salah satu cara memerangi kejahatan. Selain itu, kalian juga bisa berbagai lama media sosial dengan keluarga terdekat.”

Lebih lanjut, media sosial juga bisa menjadi sarana saling membantu sesama.

“Melalui media sosial, kalian bisa melakukan donasi. memberikan saran dan masukkan hingga menyuarakan pendapat. Saat ini saja, sudah ada begitu banyak akun media sosial yang dibuat untuk menggalang dana bagi warga tidak mampu,” pungkas Sondang.

Selain sutradara Sondang Pratama, dalam acara webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis (11/11/2021) yaitu  Chris Jatender,  Kaprodi IT STTI writes Tiara Maharani, penulis dan jurnalis dan Asbullah Muslim, Rektor Institut Elkatarie Lombok Timur.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital. (KANALBALI/RLS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.