Hotel Indonesia Group Hadirkan Program 3R Cintai Bumi Kita

JAKARTA, kanalbali.id – Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati pada tanggal 05 Juni 2024, Hotel Indonesia Group (HIG) yang merupakan anak perusahaan dari InJourney Hospitality meluncurkan program lingkungan bertajuk 3R “Cintai Bumi Kita”.

Program ini merupakan bagian dari komitmen HIG dalam mendukung keberlanjutan lingkungan melalui praktik ramah lingkungan di seluruh jaringan hotelnya.

Program 3R (Reduce, Reuse, Recycle) “Cintai Bumi Kita” dirancang untuk mengurangi dampak lingkungan dari operasional hotel dan mendorong para tamu serta karyawan untuk berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan. Melalui program ini, HIG berfokus pada inisiatif utama Reduce, Reuse dan Recycle.

Berbagai unit hotel jaringan HIG yang tersebar di seluruh Indonesia turut berpartisipasi dalam kegiatan “Cintai Bumi Kita” ini, diantaranya hotel region Bali, Merusaka Nusa Dua.

Hotel ini mengajak seluruh tamu untuk berpartisipasi dalam pembersihan pantai, dengan fokus pada pengumpulan sampah plastik di sepanjang Pantai Nusa Dua. Hasil plastik yang terkumpul dalam kegiatan tersebut diserahkan ke Yayasan Tangkas Hijau untuk didaur ulang lebih lanjut.

Selain itu, Di Truntum Kuta juga berpartisipasi dengan berkolaborasi bersama Plaga Farm Bali menghadirkan Made Janur Yasa, seorang aktivis lingkungan untuk berbagi dan sharing experience kepada staff dan pengunjung.

Pengunjung mendapatkan experience tentang pentingnya pengelolaan dan daur ulang sampah plastik menjadi barang-barang recycle yang memiliki added value.

Sementara itu, di hotel region jawa, KHAS Malioboro & KHAS Tugu Yogyakarta menghadirkan program mengajak tamu hotel untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengumpulan botol bekas yang kemudian diolah menjadi pot dengan berbagai karakter unik dan ditanami pohon yang selanjutnya diberi nama sesuai keinginan tamu.

Dengan partisipasi tersebut, diharapkan tamu hotel memiliki experience unik penanaman pohon dan ingin kembali menginap di hotel tersebut.

Inna Tretes Hotel & Resort juga menyelenggarakan acara Glamping Night dengan tema “Reduce, Reuse, Recycle”. Dekorasi acara menggunakan kardus, botol bekas, dan plastik. Tamu hotel dan anak-anak berpartisipasi dalam kegiatan membuat hiasan dari bahan daur ulang dan bermain dengan botol bekas.

M. Ariadevi Hermaini, Direktur Operasi dan Portofolio Bisnis InJourney Hospitality menyampaikan “Kami berkomitmen untuk berpartisipasi dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Melalui program ‘Cintai Bumi Kita’, kami ingin mengajak semua pihak baik tamu maupun staf untuk bergotong royong bersama-sama memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan.”

Rizal Kasim, Direktur Utama HIG menyampaikan “Hotel Indonesia Group akan terus berinovasi dan memperkuat program-program keberlanjutan dalam setiap bisnis proses hotel jaringan HIG demi keberlanjutan dan masa depan yang lebih baik”.

Hotel-hotel jaringan HIG juga telah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan menyediakan produk ramah lingkungan, seperti minum botol kaca dan amenities dengan produk recycle.

“Kami juga melakukan efisiensi penggunaan energi dan air dengan memasang teknologi hemat energi dan sistem pengelolaan air yang efisien di masing-masing hotel. Kami optimis setiap tindakan kecil yang kita lakukan dapat memberikan kontribusi besar bagi masa depan bumi,” katanya. (kanalbali/Rls)