Jadi Tempat Isolasi Terpusat di Tabanan, Begini yang Dilakukan Poltrada Bali

Peninjauan kampus Poltrada Bali oleh Satgas COVID-19 Tabanan - IST

TABANAN – Politeknik Transportasi Darat Bali atau yang biasa disebut POLTRADA BALI merupakan sekolah kedinasan yang berada dibawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kampusnya  beralamat di JL. Cempaka Putih, Desa Samsam, Kerambitan, Tabanan – Bali (Kampus I) dan Jl. Batuyang 109x Batubulan, Sukawati, Gianyar – Bali (Kampus II).

Dalam komitmen untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19, Poltrada Bali telah menyiapkan fasilitas shelter untuk isolasi bagi Orang Tanpa Gejala dan Gejala Ringan (OTG-GR) Covid-19 di Asrama Taruna/taruni Kampus Politeknik Transportasi Darat Bali, Tabanan sebanyak 280 tempat tidur.

Direktur Poltrada Bali, Bambang Wijonarko, menjelaskan kontribusi ini tidak lepas dari adanya peningkatan kasus COVID-19 di Kabupaten Tabanan dan Provinsi Bali yang menyebabkan ruang isolasi di sejumlah rumah sakit hampir penuh. Selain itu, juga ada harapan dari Pemda Tabanan dan Pemerintah Provinsi Bali agar pihak lain turut berkontribusi dalam menyediakan tempat isolasi mandiri yang layak, nyaman dan sehat.

Persiapan penerimaan warga yang menjalani isolasi terpusat di kampus Poltrada, Bali – IST

“Kami mendukung pemerintah dalam memutus rantai penyebaran COVID-19, dengan menyiapkan asrama kampus sebagai tempat isolasi terpusat bagi orang tanpa gejala dan gejala ringan (OTG-GR). Adapun fasilitas yang digunakan adalah asrama taruna dan taruni, mengingat fasilitas cukup memadai dan sedang belum digunakan oleh peserta didik. Metode pembelajaran saat ini masih menggunakan pembelajaran jarak jauh dari rumah masing-masing peserta didik,” jelasnya.

Sebelum pelaksanaan sebagai tempat isolasi terpusat, kesiapan fasilitas asrama di Kampus I Tabanan Poltrada Bali itu telah ditinjau oleh Sekda Tabanan, Asisten I, Kadishub Tabanan, Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tabanan, Dinas Kesehatan, Kodim Tabanan, Polsek Kerambitan dan instansi horizontal lainnya.

Pelaksanaan isolasi terpusat dalam pelaksanaannya akan sesuai dengan standar operasional prosedur isolasi mandiri bagi orang tanpa gejala dan gejala ringan (OTG-GR). Pelaksanaanya juga diimbangi dengan pengawasan yang ketat oleh SATGAS Covid-19, Kodim Tabanan, Polsek Kerambitan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di wilayah sekitar kampus.

Suasana di kampus Poltrada Bali di Tabanan – IST

“Ini diatur dengan baik oleh satgas. Sudah dipetakan, menata bagaimana orang yang keluar masuk di sana harus steril. Ini juga dijaga 24 jam,” terangnya. “Ini dukungan yang kami berikan, bagaimana agar COVID-19 ini dapat tertangani secara maksimal,” tambahnya.

“Kami sebagai institusi pemerintah berkomitmen dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19, dan berharap peran serta masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan agar dapat memutus penyebaran ini dan selalu menjaga kesehatan” pungkasnya. (kanalbali/RLS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.