Kominfo Gandeng Stikom Bali Dorong Digitalisasi Bisnis

DENPASAR – Digitalisasi bisnis menjadi tuntuan kekinian untuk tetap dapat bertahan dalam persaingan bisnis. Namun  jumlah UMKM yang telah menerapkan digitalisasi masih sangat kecil. 

Hal itu menjadi alasan Kementerian Informasi dan Komunikan menggelar pelatihan digitalisasi bisnis antara lain dengan menggandeng Stikom Bali. “Tahun  ini Kominfo membuka pelatihan talenta digital dengan kuota mencapai 100.000 orang,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) SDM Kominfo, Hari Budiarto ketika menjadi narasumber dalam ‘”Stikomers Business Talks: Digital Scholarship Talent & Personal Development Plans” yang digelar ITB STIKOM Bali secara daring, Sabtu (29/5/2021).

Target peserta itu terbagi dalam 8 akademi atau tingkatan. Yakni,, fresh graduated academy, vocational school graduate academy, thematic academy, professional academy, government transformation academy, digital enterpreunership academy, talent scouting academy dan digital leadership academy. “Karena itu kami membutuhkan partisipasi berbagai pihak, khususnya perguruan tinggi seperti Stikom Bali,” tegasnya.

Rektor ITB STIKOM Bali Dadang Hermawan menyambut baik pernyataan Kominfo itu. Dia njelaskan, bahwa kampus IT terbesar di wilayah Bali Nusra itu, saat ini mengelola 30 unit program pendidikan, dari jenjang vokasi sekolah menengah kejuruan IT, Politeknik hingga institute.

Dadang Hermawan menyebutkan, Yayasan pendidikan yang menaungi ITB STIKOM Bali juga mengelola Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dan Lembaga Kursus, serta Pelatihan (LKP) yang bahkan ITB STIKOM memiliki  Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika untuk sertifikasi tenaga Sekolah Menengah Kejuruan. (kanalbali/RLS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.