Pariwisata Menggeliat, Jumlah Pekerja yang Dirumahkan di Bali Mulai Berkurang

Kedatangan turis di Bandara Ngurah Rai, Bali - IST

DENPASAR, kanalbali.id – Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali Ida Bagus Ngurah Arda mengatakan, bahwa dari tahun 2021 hingga 2022 untuk pekerja formal yang dirumahkan di Pulau Bali berkurang sekitar 4 ribu orang.

Ia menerangkan, bahwa saat Pandemi Covid-19 di tahun 2021 pekerja formal yang dirumahkan mencapai 78.900 orang dan pada Bulan Agustus 2022 angka itu turun menjadi 74.400 lebih.

“Kalau hitung-hitungan kasar kalau dulu sempat yang di rumahkan itu mencapai 78.900 orang, sempat di angka itu awal 2021. Kemudian Agustus 2022 angka berkurang menjadi 74.400 lebih sudah berkurang sekitar 4000,” kata dia, saat dihubungi Rabu (23/11).

Kendati demikian, pihaknya masih menunggu update dari dinas ketenagakerjaan di kabupaten dan kota di Bali untuk angka pastinya data pekerja formal yang masih di rumahkan.

“Cuma data detailnya kita belum terima. Jadi dinas kabupaten dan kota mintanya ke masing-masing perusahaan juga. Kalau sudah terkumpul kabupaten dan kota, baru masing-masing di dinas kabupaten dan kota melaporkan ke kami. Kita selalu ingatkan itu,” katanya.

Namun, untuk pekerja formal yang terkena
Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selama Pandemi Covid-19 hingga sekarang pihaknya belum memberikan dan mengeklaim jumlahnya hanya sedikit.

“Kalau yang di PHK itu banyak penyebab ada karena usianya sudah habis atau sudah pensiunan itu juga di PHK. Kalau PHK karena pemutusan tenaga kerja karena perusahaan pailit tidak begitu banyak sih. Konsentrasi kita yang di rumahkan,” ungkapnya.

Namun, pihaknya optimis bahwa angka pekerja formal yang di rumahkan akan terus menurun karena pariwisata sudah mulai bangkit. Apalagi ada event KTT G20 yang menurutnya banyak memperkejakan orang di bidang penginapan, transportasi dan lain-lainnya kendati untuk dampak KTT G20 pihaknya belum memiliki data berapa pekerja formal yang di rumahkan kembali bekerja. (kanalbali/KAD)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.