#Tanam Saja Jadi Gerakan untuk Ketahanan Pangan di Bali

Aliansi Tanam Saja melakukan kick off program Tanam Saja dengan membagikan paket benih yang dikemas dalam satu wadah besek bambu. Paket berisi 4 jenis benih sayuran lokal organik, sawi hijau, kacang panjang, tomat, bayam merah dan dan 1 bunga matahari.

“Bunga matahari selain indah baik untuk menarik serangga untuk membantu penyerbukan,” kata Sayu Komang dari IDEP, Jum’at (29/5/2020). Serangga tertarik dengan bunga, utamanya bunga berwarna kuning. Penyertaan benih bunga matahari ini bertujuan agar kelak ketika tanaman tumbuh dapat mengundang predator (pemangsa hama pada tanaman) agar hama tidak menyerang sayuran yang sedang kita tanam.

“Dengan demikian, kita tidak perlu menggunakan insektisida untuk mengusir hama, tapi cukup dengan membangun ekosistem secara alami sebagai rantai makanan” ujar jelasnya. Aliansi Tanam Saja sendiri adalah sebuah aliansi yang terdiri dari individu dan organisasi yang mendorong agar masyarakat kembali bertanam untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pangan. Dengan dukungan langsung Harmoni Parahyangan, Solidaritas Pangan Bali, Adopt A Family dan Team Action Amed, paket benih tersebut terdistribusi langsung ke area Gianyar, Denpasar, Badung, Karangasem, Buleleng, dan Tabanan.

Program Tanam Saja ini melengkapi inisiatif yang sedang dan sudah berjalan selama masa Pandemi COVID-19. Pandemi ini telah membuat masyarakat dipaksa untuk bertahan di rumah. Ketika pandemi membuat banyak orang harus tetap di rumah dan bekerja dari rumah, banyak inisiatif kemudian merebak dalam menggalang donasi dan memberikan bantuan pangan dan bahan pokok kepada mereka yang rentan dalam rangka solidaritas.

“Dalam merespon pandemi, Solidaritas Pangan Bali selama ini melakukan pembagian makanan dan bahan pokok di beberapa wilayah di Bali. Kami bergabung dengan aliansi ini agar masyarakat yang selama ini rentan juga dapat mulai bertanam di rumah masing-masing ataupun di wilayah tinggalnya sebagai komunitas. Gerakan ini menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari agenda SPB ke depan”, demikian ujar Kholik Mawardi dari Solidaritas Pangan Bali.

Di Gianyar, Artadana dari Harmoni Parahyangan mejelaskan, selama ini pihaknya bersama dengan PekenBibit.com sudah memiliki program pembagian bibit dan benih gratis. Kolaborasi yang dibangun bersama aliansi tanam saja ini mendukung program yang sudah ada. “Kami selama ini sudah ada program pembagian bibit dan benih gratis. Bibit dan benih sayuran secara gratis ini adalah untuk menstimulus kemauan masyarakat untuk bertani. Apalagi di saat situasi seperti ini, di tengah ekonomi yang cukup sulit dengan masyarakat bertani maka akan sedikit membantu kebutuhan sayuran.” ujarnya.