TPM Unwar Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Ayunan, Badung

Bentuk kegiatan berupa sosialisasi Teknik Budidaya sapi Bali, pengelolaan bau kotoran sapi dengan sosialisasi pembuatan Eco Enzym.

DENPASAR –  Tim Pengabdian Masyarakat (TPM) Universitas Warmadewa kembali menggelar kegiatan langsung di lapangan dengan melibatkan berbagai disiplin keilmuan. Kegiatan dilaksanakan di Desa Ayunan, Abian Semal, Badung.

Kegiatan pada Sabtu (10/4/2021) adalah untuk mensosialisasikan Teknik Budidaya sapi Bali, pengelolaan bau kotoran sapi dengan sosialisasi pembuatan Eco Enzym serta aplikasinya di kandang sapi Kelompok Karang Laksana dan Karang Ayu.

Penyerahan bantuan sabit dan cangkul untuk warga – IST

“Tim yang dilibatkan yang terdiri dari berbagai bidang ilmu diantaranya, peternakan, hukum daan teknik sipil yang sama2 tertarik dalam Budidaya sapi bali dan ekowisata, sesuai visi Universitas Warmadewa, “ kata Ketua tim Dr Ir Ni Made Ayu Gemuh Rasa astiti, MP

Penanaman pohon Cempaka Kuning – IST

Ditambahkan juga aksi penanaman pohon cempaka, kayu putih, sawo kecik di lingkungan desa Ayunan yag bibitnya dari pembibitan BPDAS Unda Anyar sebanyak 60 pohon. “Kami memberikan sumbangan berupa sabit untuk memudahkan dalam mencari pakan ternak sapi serta pemberian cangkul untuk menata lingkungan kandang agar lebih asri dan sehat,” jelasnya.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu pelaksanaan tri darma perguruan tinggi. Dimana seorang dosen tidak hanya dituntut untuk mengajar di kampus, serta meneliti tetapi harus mengaplikasikan hasil penelitian ke masyarakat melalui pengabdian masyarakat,  serta yang terpenting adalah terlaksananya sinergi kemitraan antara perguruan tinggi dengan masyarakat. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih sejumlah 50 orang, dengan tetap melaksanakan Protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan dan menggunak hand sanitizer. (kanalbali/ADV)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.