3 Kunci Menuju Kesuksesan di Era Digital: Marketing, Networking, dan Otomatisasi

pixabay by geralt

ERA digital membawa sejumlah perubahan bagi masyarakat. Selamat tinggal mengantre dan berdesakan di pasar saat ingin belanja. Kini dengan menggunakan internet, barang yang ingin Anda beli cukup dipilih lewat smartphone dan akan sampai di depan pintu rumah Anda.

Inilah yang menurut Fendi, founder of SuperStar Community Indonesia, menjadi titik balik penggunaan teknologi di masyarakat.

“Tidak hanya perubahan cara belanja dan pembayaran, teknologi juga mengubah permainan hingga cara orang bersosialisasi. Perubahan ini bisa dimanfaatkan Anda yang memiliki jiwa entepreneur untuk mendapatkan kesuksesan,” tutur Fendi, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Maluku Barat Daya, Maluku, Senin 11 Oktober 2021.

Untuk sukses, Fendi mengatakan diperlukan digital skills yang mumpuni. Digital skills sendiri merupakan tingkat minimum keterampilan digital yang dibutuhkan untuk bisa menggunakan teknologi secara benar, baik, dan bermanfaat.

Ia menyebut saat ini, ada tiga digital skill utama yang perlu dimiliki oleh para pengusaha untuk bisa meraih kesuksesan di era digital. Apa saja?

  1. Marketing

Marketing alias pemasaran merupakan kemampuan yang penting dimiliki semua pengusaha. Dengan kemampuan marketing yang tinggi, pengusaha  bisa mempromosikan produk maupun jasa secara efektif untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Di era digital, Fendi mengatakan penting bagi pengusaha memanfaatkan marketing secara digital.

“Sekarang sudah bisa iklan langsung di internet, pakai Google Ads atau Facebook Ads. Dengan modal sekian rupiah, Anda bisa lihat iklan produk diklik oleh siapa saja, demografi usianya, sampai lokasi calon pembeli,” tutur Fendi.

  1. Networking

Networking alias berjejaring adalah kemampuan untuk mendapatkan lebih banyak koneksi, yang bisa menguntungkan Anda.

Kreatif di Ruang Digital Jadi Jurus Bertahan UMKM di Masa Pandemi

Fendi mengatakan untuk bisa sukses, Anda perlu memiliki koneksi orang-orang sukses pula.

“Anda adalah rata-rata dari 5 orang terdekat. Karenanya jika ingin sukses, Anda perlu memilih lingkungan dan teman yang konsisten, visioner, hingga pekerja keras,” tutur Fendi.

  1. Automatisasi

Automatisasi adalah cara menghindari pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang dan memakan waktu.

Di era digital, sudah banyak tersedia aplikasi yang bisa membantu Anda membalas email, menjawab pertanyaan di toko online, hingga memperlihatkan jumlah stok barang yang tersedia.

“Automatisasi juga bisa dimanfaatkan lewat pendelegasian. Jadi tidak melulu Anda yang mengerjakan semuanya. Jika Anda punya tim, pekerjaan akan diselesaikand engan lebih cepat dan lebih baik,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini hadir juga Adji Srihandoyo, Business Development Director TC Invest, Andy Dahoklory, Dosen Fakultas MIPA Universitas Pattimura, dan Fisca selaku key opinion leader.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital. (kanalbali/RLS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.