Mengenal Masyarakat Digital Beserta Cirinya, Apa Saja Itu?

pixabay by Edar

SEIRING dengan makin berkembangnya teknologi, kini bermunculan berbagai istilah baru. Bahkan, ada satu istilah yang dilekatkan pada penggunannya yakni ‘masyarakat digital’.

Istilah ini mungkin awam bagi sebagian orang. Dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital Wilayah Seram Bagian Barat, Maluku, Nur Rahma Yenita, Ketua Program Studi Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknologinya Indonesia, memaparkan mengenai masyarakat digital dan juga cirinya.

“Masyarakat digital itu adalah masyarakat yang menggunakan teknologi digital dengan memanfaatkan teknologi internet untuk berkomunikasi dan kegiatan lainnya,” kata Nur Rahma, Kamis, (26/8/2021).

Ia melanjutkan bahwa ada empat pilar utama masyarakat digital. Pertama ia mengatakan ialah digital citizenship atau penggunaan perangkat digital dalam pelayanan publik  dan pemerintahan.

“Kedua itu digital lifestyle, yaitu penggunaan teknologi digital dalam aktivitas sehari-hari, dan digtal commerceyaitu penggunaan teknologi digital dalam aktivitas ekonomi,” kata dia.

pixabay by geralt

Lebih lanjut ia juga menjelaskan tentang ciri masyarakat digital. Pertama yakni adanya penggunaan teknologi digital yang tinggi, kebutuhan informasi yang tinggi, kebutuhan tenaga kerja di bidang teknologi informasi dan komunikasi, dan perubahan pola interaksi satu orang dengan orang lain secara langsung.

“Oleh sebab itu cakap digital bukan hanya soal kemampuan menggunakan gawai, tetapi seorang harus cerdas menggunakannya agar produktivitas meningkat,” kata dia.

Dalam kesempatan yang Nannette Jacobus, Relawan Kemanusiaan & Content Creator juga menjelaskan tentang menggunakan media sosial secara bijak. Ia memaparkan tentang bagaimana menghargai perbedaan di media sosial.

Selain itu, juga hadir pembicara Consultant of Community & Photography Rahmat, dan Key Opinion Leader Sri Rahma Dani.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital. (kanalbali/RLS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.