Gubernur Koster Dukung Penguatan Digitalisasi UMKM Melalui Indonesian Digital Conference

Denpasar – Gubernur Bali Wayan Koster mendukung gelaran Indonesian Digital Conference (IDC) 2021 bertemakan “Lompatan Digital: Inovasi dan Akselerasi” yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Bali pada pertengahan November mendatang.

“ Saya senang sekali dan sangat mendukung ajang ini sebagai suatu uapya untuk mendukung kebutuhan masa kini yang menuntut digitalisasi di berbagai sendi kehidupan masyarakat,” ujar Gubernur Koster saat menerima audiensi jajaran AMSI Bali di Ruang tamu kantor Gubernur bali, Renon, Denpasar pada Kamis ( 11/4) pagi.

Gubernur Koster menjelaskan bahwa digitalisasi di berbagai bidang , termasuk di dalam nya adalah untuk perputaran roda ekonomi memang sudah sejak awal menjadi konsen bahkan menjadi prioritas dalam pencanangan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali , sebagai visi pembangunan Bali kedepan.

“ Dalam konsep ekonomi yang saya susun, salah satu pilarnya adalah ekonomi kreatif dan digital, dari hulu ke hilir. Dari produksi hingga ke pemasarannya,” jelas Gubernur asal Sembiran, Kabupaten Buleleng ini. “Untuk itu, pegiat digital ini harus ditumbuhkan dan didorong dengan peran aktif dari pemerintah danadari berbagai pihak, “ tandasnya lagi.

Gubernur juga menyebut, dengan kemampuan digitalisasi yang baik dan penguasaan terhadap ilmu dan teknologi, maka akan menjadi faktor penting dalam mewujudkan visi pemerintah tersebut serta mewujudkan pula ekonomi kerthi Bali yang digagasnya. “ Jadi kita bisa fasilitasi pula, IKM, UMKM, Koperasi untuk bisa memanfaatkan teknologi digital dengan lebih baik, sehingga lebih bermanfaat,” tegas mantan anggota DPR RI tiga periode ini.

Sementara itu ketua panitia kegiatan Rofiqi Hasan yang juga didampingi ketua AMSI Bali Nengah Muliarta menyebut kegiatan ini juga merupakan langkah kolaborasi dengan pemerintah daerah, dalam rangka percepatan digitalisasi dan literasi digital kepada masyarakat.

“ Kita lihat selama pandemi ini tren ekonomi digital malah menguat karena keterpaksaan akibat pembatasan kegiatan masyarakat. Jadi momentum ini jadi modal kita juga untuk makin mendorong digitalisasi di Bali , terutama di sektor ekonomi seperti IKM atau UMKM untuk bisa jadi kekuatan baru,” tutupnya.

Turut pula hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Wayan Mardiana dan Kepala Dinas Komunikasi, informatika dan Statistik Provinsi Bali, Gede Pramana. (kanalbali/RLS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.