Mantan Wagub Bali Sudikerta Bebas Asimilasi dari Lapas Kerobokan Bali

Wagub Bali Sudikerta saat masih dalam masa persidangan di PN Denpasa - Dok. kanalbali

DENPASAR, kanalbali.id – Mantan Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta telah bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kerobokan, di Denpasar, Bali. Sesuai Permenkumham Nomor 43 Tahun 2021, narapidana yang telah menjalani masa hukuman 2/3 dapat diberikan asimilasi di rumah.


“Tapi kalau (Sudikerta) bebas murninya, tanggal 7, bulan 6, tahun 2024 bebas murninya. (Maksud) 2/3, kan narapidana itu dapat diberikan bebas bersyaratnya apabila dapat menjalani 2/3 hukuman,” ujarnya.

“Dengan adanya (asimilasi) Covid-19 ini, dengan Permen 43 dapat diberikan asimilasi. Jadi, bebasnya asimilasi dalam pengawasan Bapas. Setelah itu dia bebas bersyarat,” ujarnya.

” Apabila dalam masa pengawasan itu dia melakukan tindakan pelanggaran dia bisa dicabut kembali (asimilasinya),” ujarnya.

Mantan Waub Bali Sudikerta selama ini telah menjalani pemidanaan di Lapas Kelas IIA Kerobokan terkait kasus penipuan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Rp 150 miliar. Dalam perkara itu, Sudikerta dijatuhi hukuman pidana enam tahun penjara. (kanalbali/KAD)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.